Santiago (ANTARA News/Reuters) - Harapan Ekuador untuk lolos ke Piala Dunia ketiga kalinya berturut-turut pupus ketika mereka kalah 0-1 saat bertandang pada kualifikasi terakhir ke Chile, Kamis pagi WIB.

Striker Humberto Suazo mencetak gol pada awal babak kedua bagi Chile, yang sudah memastikan tempat pada putaran final Piala Dunia untuk pertama-kalinya sejak 1998.

Suazo yang berkepala plontos menembakkan bola masuk ke bagian atas jaring dari jarak sekitar enam meter setelah Rodrigo Millar mengarahkan umpan Arturo Vidal kearah dia.

Pemain tengah Ekuador Segundo Castillo diusir keluar lapangan karena tantangan mengejutkan pada menit ke-85 ketika ia menatah kunci paha seorang pemain Chile.

Meskipun mereka membutuhkan kemenangan untuk mendapat peluang realistis berhasil mengejar salah satu dari Argentina atau Uruguay, Ekuador hanya menunjukkan sedikit urgensi pada babak pertama.

Edison Mendez mendapat peluang terbaik mereka ketika usahanya menyerempet gawang setelah kerjasama dengan Cristian Lara menjelang turun minum.

Ekuador, yang kalah 1-2 di kandang sendiri melawan Uruguay pada Sabtu, lebih berbahaya setelah gol Suazo tetapi mereka juga meninggalkan rongga di belakang dan beruntung tidak semakin tertinggal ketika usaha Jorge Valdivia dibalikkan oleh kiper Marcelo Elizaga.

Chile mengakhiri 18 pertandingan mereka dengan 33 poin, sementara Ekuador mengumpulkan 23 poin untuk berakhir di urutan keenam dalam grup yang terdiri atas 10 tim itu. (*)

Pewarta: ferly
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009