Jakarta (ANTARA News) - APBN 2010 mengalokasikan, dana cadangan penanggulangan bencana alam sebesar Rp3 triliun yang adalah bagian dari alokasi dana bantuan sosial dalam APBN 2010 sebesar Rp69,6 triliun.

Dokumen Paparan Menkeu tentang APBN 2010 di Jakarta, Kamis, menyebutkan bahwa ada lima program yang akan dibiayai dengan alokasi dana bantuan sosial sebesar Rp69,6 triliun.

Selain untuk penanggulangan bencana, alokasi bantuan sosial ditujukan untuk program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebesar Rp19,8 triliun yang akan mencakup 44,1 juta siswa.

Untuk Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar Rp1,3 triliun dengan penambahan rumah tangga sangat miskin (RTSM) di beberapa provinsi/kabupaten/kota/kecamatan.

Anggaran program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) sebesar Rp5,1 triliun juga merupakan bagian dari belanja sosial APBN 2010.

Alokasi anggaran sebesar Rp5,1 triliun terdiri atas program Pelayanan Kesehatan di Puskesmas sebesar Rp1 triliun dan Pelayanan Kesehatan di Kelas III Rumah Sakit sebesar Rp4,1 triliun.

Masuk juga dalam belanja sosial adalah anggaran untuk Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri sebesar Rp12,9 triliun dengan cakupan 6.458 kecamatan.

Dirjen Anggaran Depkeu Anny Ratnawati mengharapkan, alokasi dana sebesar Rp3,0 triliun itu cukup untuk menanggulangi bencana alam yang kemungkinan akan terjadi pada 2010. "Itu namanya dana cadangan penanggulangan bencana alam," kata Anny. (*)

Pewarta: handr
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009