Manado (ANTARA News) - Hari cuci tangan sedunia diperingati di Taman Kesatuan Bangsa (TKB) Manado oleh para siswa bersama Pemerintah Kota Manado dan tim penggerak PKK, Kamis.

Peringatan diisi dengan kegiatan mencuci tangan dengan sabun serta cara membersihkannya oleh puluhan siswa di Kota Manado dipandu oleh oleh Dr Jimmy Lalita, serta para anggota tim penggerak PKK baik kota maupun provinsi.

Para siswa yang ikut melakukan gerakan mencuci tangan itu datang dari berbagai dan tingkatan pendidikan Taman Kanak-kanan (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) I Manado, Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) III di Manado.

Para siswa diajarkan bagaimana caranya membersihkan tangan dengan sabun mulai dari menyiramkannya dengan air sampai mencucinya satu persatu semua jari agar bersih dari kuman, dan bibit penyakit dan tetap sehat.

Ketua tim Penggerak PKK Manado, Dietje Sarundajang-Laoh Tambuwun mengatakan kegiatan mencuci tangan itu sangat besar manfaatnya dalam kehidupan manusia, karena sangat mempengaruhi kesehatan manusia.

"Kita harus ingat kegiatan mencuci tangan adalah hal yang mempengaruhi kesehatan manusia, karena itu hal tersebut harus dilakukan dengan teratur karena akan membantu mencegah serangan penyakit yang berbahaya," kata Dietje Sarundajang-Laoh Tambuwun.

Penyakit yang bisa dicegah dengan mencuci tangan itu antara lain diare, ISPA, Typhus, Flu Burung dan flu babi, karena itu kegiatan mencuci tangan dengan baik dan tepat waktu itu sangat perlu.

Sejumlah siswa yang ikut dalam peringatan mencuci tangan itu mengatakan kegiatan tersebut sangat gampang dan menyenangkan, apalagi dampak yang ditimbulkannya itun sangat positif jadi ia senang melakukannya.

"Sebagai siswa hal tersebut sering saya anggap sepele, padahal tujuannya sangat karena itu sudah waktunya bagi kami lebih menyadari pentingnya hal tersebut," kata salah satu peserta yang ikut pencanangan cuci tangan bernama lisa.(*)

Pewarta: luki
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009