Jakarta (ANTARA News) - Susilo Bambang Yudhoyono sebagai calon presiden terpilih periode 2009-2014 mulai memanggil para calon menteri ke kediamannya di Puri Cikeas Indah,Bogor, Sabtu.

Pemanggilan dilakukan setelah para calon menteri yang dianggap layak mengisi jabatan menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid dua dihubungi melalui telepon.

Sabtu iniu mereka akan menjalani semacam uji kelayakan melalui wawancara yang dilakukan langsung Yudhoyono bersama dengan calon wakil presiden terpilih, Boediono.

Para calon menteri itu pada akhir wawancara akan disodori pakta integritas dan kontrak politik yang harus ditandatangani berisi target yang harus dicapai selama lima tahun menjabat dan kode etik yang harus mereka taati.

Setelah uji kelayakan, para calon menteri akan menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto pada 18-19 Oktober 2009.

Menjelang pemanggilan para calon menteri yang diperkirakan dimulai pukul 10.00 WIB, pengamanan di sekitar Cikeas diperketat.

Di ruas Jalan Raya Cibubur arah Cileungsi berjaga-jaga puluhan polisi, sementara semua pengunjung yang masuk ke perumahan Puri Cikeas Indah diperiksa barang bawaannya.

Saat ini, puluhan wartawan media cetak dan elektronik telah berkumpul di depan kompleks perumahan Puri Indah Cikeas untuk meliput para calon menteri yang terpanggil Yudhoyono.

Pada detik-detik terakhir pemanggilan, masih saja berdatangan lamaran untuk posisi menteri yang dialamatkan langsung kepada Yudhoyono.

Di pos penjagaan, tampak tergeletak beberapa amplop coklat berukuran besar yang ditujukan langsung kepada presiden terpilih itu. (*)

Pewarta: jafar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009