Jakarta (ANTARA News) - Jumlah calon menteri yang akan menjalani wawancara, Sabtu, di kediaman Susilo Bambang Yudhoyono, Puri Cikeas Indah, Bogor, adalah separuh dari total kursi kabinet 34 posisi.

"Hari ini rencananya separuh dari menteri, sekitar 17 menteri atau anda lihat sendiri jumlahnya nanti kira-kira separuhlah," kata Juru Bicara Presiden Andi Mallarangeng, Sabtu.

Para calon yang menjalani uji kelayakan telah dihubungi telepon sebelumnya dan akan diwawancarai langsung oleh Yudhoyono dan wakil presiden terpilih, Boediono.

Andi mengatakan, tidak akan ada perlakuan berbeda terhadap wajah lama dan wajah baru.

"Hari ini Polhukam atau besok ekonomi, tidak ada bedanya, yang penting semuanya harus diwawancarai termasuk menteri-menteri yang sekarang masih menjabat di Kabinet Indonesia Bersatu. Nanti menteri Kabinet Indonesia Bersatu kedua harus menjalani `fit and proper test`," jelasnya.

Andi menyatakan, Yudhoyono tidak menenggatkan batas waktu setiap calon menteri yang akan diwawancarai, namun semua akan mendapat waktu cukup fleksibel untuk menyelesaikan wawancara.

Di akhir wawancara, setiap calon harus menandatangani pakta integritas dan kontrak kinerja berisi kode etik yang harus mereka patuhi serta sasaran harus dicapai selama lima tahun menjabat hingga 2014.

Andi menjelaskan, para calon yang menjalani uji kelayakan pada Sabtu akan mengikuti tes kesehatan pada 18 Oktober 2009 di RSPAD Gatot Soebroto. Sedangkan yang menjalani uji kelayakan pada Minggu 18 Oktober 2009 akan mengikuti tes kesehatan pada Senin 19 Oktober 2009.

Andi Mallarangeng adalah orang pertama yang tiba di Cikeas, namun menyatakan kedatangannya untuk menjalankan tugas sebagai juru bicara presiden.

Setelah Andi, berturut-turut tiba wakil presiden terpilih, Boediono pada 08.40 WIB, dan Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi pada pukul 08.45 WIB.

Menurut rencana, Yudhoyono mulai memanggil calon menteri pada pukul 10.00 WIB. (*)

Pewarta: jafar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009