Jakarta (ANTARA News) - Dua orang kepercayaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono --Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi dan Juru Bicara Kepresidenan Andi Mallarangeng-- mendapat tugas khusus selama pemanggilan calon menteri di Puri Cikeas Indah, Bogor, Sabtu.

Keduanya ditugasi menemani mengobrol para calon menteri sebelum dipanggil menghadap presiden terpilih Yudhoyono.

Di pendopo halaman depan kediaman Yudhoyono, terdapat empat buah kursi mengelilingi satu meja yang disiapkan sebagai ruang tunggu bagi calon menteri.

Dua kursi diduduki oleh Andi dan Sudi yang menemani calon menteri menunggu giliran wawancara.

Ketika mantan Ketua DPR Agung Laksono menunggu giliran, Andi berbicang dengan Agung, sedangkan Sudi sesekali menimpali sambil membaca koran.

Andi masih mendapat tugas tambahan mendampingi calon menteri memberikan keterangan pers setelah menjalani wawancara dengan Yudhoyono.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Hatta Rajasa yang juga lingkaran terdekat Yudhoyono tampak menemani mereka.

Calon menteri pertama yang dipanggil oleh Yudhoyono adalah mantan Panglima TNI Djoko Suyanto yang santer diberitakan akan menduduki jabatan Menko Polhukam.

Setelah itu, giliran Hatta Radjasa yang diisukan akan menjabat Menko Perekonomian, sedangkan Agung Laksono diberitakan akan menduduki jabatan Menko Kesejahteraan Rakyat.

Para calon menteri akan menjalani uji kelayakan melalui wawancara yang dilakukan langsung oleh Yudhoyono bersama wakil presiden terpilih, Boediono, Sabtu dan Minggu.

Setelah uji kelayakan, para calon menteri akan menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto pada 18-19 Oktober 2009.

Menjelang pemanggilan para calon menteri yang diperkirakan dimulai pukul 10.00 WIB, pengamanan di sekitar Cikeas diperketat.

Di ruas Jalan Raya Cibubur arah Cileungsi berjaga-jaga puluhan polisi, sementara semua pengunjung yang masuk ke perumahan Puri Cikeas Indah diperiksa semua barang bawaannya. (*)

Pewarta: ricka
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009