Jakarta (ANTARA News) - Jero Wacik yang telah mundur dari jabatannya sebagai Menteri Kebudayaan dan Pariwisata karena memilih menjadi anggota DPR kembali ditawari jabatan menteri yang sama oleh Susilo Bambang Yudhoyono pada kabinet mendatang.

Usai menjalani uji kelayakan di kediaman Yudhoyono, Puri Cikeas Indah, Bogor, Sabtu, Jero mengatakan ia diberi instruksi oleh calon presiden periode 2009-2014 untuk menaikkan jumlah kunjungan wisatawan dari mancanegara ke Indonesia.

Menurut Jero, citra Indonesia yang membaik selama lima tahun terakhir adalah modal bagus untuk menaikkan jumlah turis mancanegara ke Indonesia.

"Presiden memberikan arahan kepada saya, banyak arahannya saya catat semua, di antaranya citra Indonesia di mata dunia sudah makin baik dalam lima tahun ini sehingga itu harus menjadi modal untuk menggenjot kedatangan wisatawan dari luar negeri," tuturnya.

Menurut Jero, ia juga diberi instruksi dari Yudhoyono agar industri film di Indonesia semakin menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Yudhoyono berharap semakin banyak produksi film dalam negeri.

Jero menuturkan dalam sesi wawancara Yudhoyono memberikan apresiasi khusus terhadap pengambilan gambar film "Eat, Pray and Love" yang dibintangi Julia Roberts di Bali.

"Apabila film itu bisa tayang pada 2011 mendatang maka bisa mengangkat Indonesia dimata dunia," ujarnya.

Jero telah tiba di Cikeas sejak pukul 11.00 WIB, namun karena ia sebenarnya mendapat giliran wawancara pada urutan ke-14, maka ia baru menyelesaikan uji kelayakan pada pukul 19.45 WIB.

"Untungnya kita sudah biasa menunggu di sini, jadinya sabar menunggu," canda anggota DPR dari Fraksi Demokrat daerah pemilihan Bali itu.(*)

Pewarta: mansy
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009