Jakarta,(ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden terpilih Boediono, Senin, akan melanjutkan proses uji kelayakan calon menteri yang belum dipanggil sejak proses tersebut dimulai Sabtu (17/10).

Rencananya mulai pukul 13.00 WIB, Presiden Yudhoyono dan Wapres terpilih Boediono bertempat di kediaman pribadi Yudhoyono di Puri Cikeas Indah, Bogor akan melakukan proses tersebut.

Pada pukul 11.00 WIB Kepala Negara masih berada di Istana Negara untuk menyaksikan pengambilan sumpah dan pelantikan tujuh pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang akan bertugas hingga 2014.

Pelantikan tujuh anggota BPK yang baru, yaitu Hasan Bisri, Hadi Purnomo, Rizal Djalil, Moermahadi Soerja Djanegara, Taufiequrrachman Ruki, Muhammad Nurlif, dan Ali Masykur Musa, dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden No 79/P/2009.

Dari 34 pos menteri yang ada dalam Kabinet Indonesia Bersatu, Presiden Yudhoyono telah memanggil 30 calon menteri masing-masing 16 orang pada Sabtu (17/10) dan 14 orang pada Minggu (18/10).

Pada Sabtu yang mendapat giliran menjalani uji kelayakan adalah Djoko Suyanto, Hatta Radjasa, Agung Laksono, Sudi Silalahi, Gamawan Fauzi, Sri Mulyani, Muhammad Nuh, Suryadharma Ali, Mari Elka Pangestu, Syarif Hassan, Tifatul Sembiring, Sutanto, Salim Assegaf Al-Jufri, Jero Wacik, Muhaimin Iskandar, serta Andi Mallarangeng.

Sementara pada Minggu, figur yang menjalani uji kelayakan adalah Kirmanto, Darwin Zahedy Saleh (Ketua DPP Partai Demokrat bidang ekonomi), Ketua Kadin Indonesia MS Hidayat, guru besar Universitas Lambung Mangkurat Gusti Muhamad Hatta, Ketua Majelis Pertimbangan Partai PKS Suharna Surapranata, dan Ketua Kowani Linda Agum Gumelar.

Dari figur yang telah dipanggil tersebut, pada Senin (19/10) diperkirakan Yudhoyono akan melakukan uji kelayakan bagi calon menteri yang akan menduduki posisi Menteri Luar Negeri, Menteri Pertahanan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral dan Menteri Kelautan dan Perikanan.(*)

Pewarta: ferly
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009