Jakarta (ANTARA News) - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Anwar Nasution memberikan Piagam Penghargaan kepada Tim Pemeriksaan Investigasi atas kasus Bank Century di Auditorium BPK di Jakarta, Senin.

Dalam siaran persnya yang diterima ANTARA News disebutkan bahwa penghargaan itu diserahkan secara langsung oleh ketua BPK kepada tim pemeriksa yang beranggotakan sebanyak 38 orang, yang dianggap telah berprestasi dalam melaksanakan pemeriksaan atas kasus Bank Century.

Pemeriksaan investigasi BPK terhadap kasus Bank Century dilakukan atas permintaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 5 Juni 2009 dan DPR pada 1 September 2009. Laporan akhir pemeriksaan investigasi BPK tersebut akan disampaikan langsung kepada DPR dan KPK selaku pengguna laporan dan tidak dapat dipublikasikan oleh BPK kepada umum.

Untuk memenuhi permintaan DPR dan KPK itu, pada 28 September 2009 telah disampaikan laporan kemajuan pemeriksaan (progress report).

"Laporan tersebut masih bersifat sementara, untuk memberikan gambaran tentang hasil pemeriksaan yang telah dicapai, dan masih dapat berkembang sesuai dengan hasil pemeriksaan selanjutnya," jelas Kepala Biro Humas dan Luar Negeri BPK RI, B. Dwita Pradana, dalam rilis tersebut.

Menurut Dwita, perkembangan pemeriksaan di lapangan menunjukkan bahwa penelusuran aliran dana Bank Century memerlukan waktu yang lebih panjang sehingga penyelesaian laporan akhir tidak dapat diselesaikan pimpinan masa jabatan 2004-2009 yang berakhir pada hari ini.

"Namun, Ketua BPK sangat mengapresiasi kerja keras, dedikasi, serta sikap profesional seluruh komponen Tim Pemeriksa Kasus Century," katanya.

Dwita melanjutkan bahwa, tatkala pegawai lain menikmati libur panjang lebaran, tim kasus Bank Century justru sedang bekerja keras melaksanakan pemeriksaan kasus Century.

"Sehingga, laporan kemajuan pemeriksaan dapat disampaikan kepada DPR masa bakti 2004-2009 dua hari sebelum berakhir masa jabatannya," ujarnya.

Dalam siaran pers yang sama, Ketua BPK berharap bahwa penghargaan ini menjadi pemicu dan pendorong motivasi pegawai untuk terus meningkatkan kinerjanya.

"Serta tetap memiliki semangat tinggi untuk melanjutkan perjuangan yang selama ini telah dilakukan, dan terus menjunjung tinggi nilai dasar BPK yaitu independensi, integritas, dan profesionalisme sehingga BPK akan semakin disegani dan diperhitungkan oleh semua pihak," tandasnya. (*)

Pewarta: handr
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009