Magelang, (ANTARA News) - Angin kencang menerjang tiga desa di lereng barat Gunung Merbabu, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin, dan mengakibatkan satu rumah roboh, serta genting puluhan rumah beterbangan.

"Dua kali lisus menerjang, dini hari sekitar pukul 02:00 WIB dan 08:30 WIB, kebetulan yang kedua saya sedang di lokasi sehingga mengalami langsung kejadian itu," kata Camat Pakis Ari Widinugroho, di Magelang, Senin.

Tiga desa yang diterjang lisus itu adalah Gondangsari, Kenalan, dan Ketundan, sedangkan rumah kayu yang roboh milik Pawiro Rebo di Dusun Kiyudan, Desa Ketundan.

Pawiro yang mengalami luka ringan karena kejatuhan kayu rumah sempat dibawa ke puskesmas setempat untuk mendapat perawatan.

Angin kencang uga merobohkan puluhan pohon bambu dan merusak relatif banyak mulsa dan tanaman pertanian milik warga setempat seperti jagung, tembakau, kentang.

"Tanaman menjadi layu karena terjangan angin kencang," katanya.

Kabel listrik di Dusun Wekas, Desa Kenalan putus dan mengakibatkan aliran listrik di kawasan itu padam.

Ia mengatakan sudah melaporkan kejadian itu kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang untuk penanganan lebih lanjut.

Petugas PLN (Perusahaan Listrik Negara) setempat sekitar pukul 09:30 WIB tiba di lokasi untuk memperbaiki kerusakan jaringan listrik.

Hingga saat ini, katanya, aparat masih melakukan pendataan kerusakan akibat angin kencang di kawasan itu.(*)

 

Pewarta: wibow
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009