New York (ANTARA News/AFP) - Saham-saham AS naik ke tertinggi baru untuk tahun ini pada Senin waktu setempat, di tengah optimisme pada laba perusahaan kuartal ketiga dalam sebuah refleksi prospek pemulihan dari resesi berkepanjangan.

Dow Jones Industrial Average naik 96,28 poin (0,96 persen) pada akhir perdagangan menjadi 10.092,19. Indeks utama telah menyelinap di bawah 10.000 pada Jumat, dua hari setelah menembus tanda sensitif untuk pertama kalinya dalam lebih dari setahun.

Indeks komposit Nasdaq bertambah 19,52 poin (0,91 persen) menjadi 2.176,32 dan indeks pasar luas Standard & Poor`s 500 naik 10,23 poin (0,94 persen) ke penutupan sementara 1.097,91.

Saham naik mulai bel pembukaan, di tengah ekspektasi awal bahwa serangkaian hasil keuangan perusahaan minggu ini diperkirakan akan mengalahkan proyeksi Wall Street.

"Pendapatan kuartal ketiga harus segera berakhir sebagai stimulus pasar," kata ahli strategi pasar Wells Fargo Advisors Al Goldman.

Dia mengatakan bahwa pasar saham itu tabah "meski satu ton masalah dan ketidakpastian" dengan "masih banyaknya daya beli di pinggir lapangan."

"Pembicaraan bullish berjalan naik, tapi tindakan bullish oleh investor jangka panjang telah moderat," kata Goldman.

Dow naik di atas 10.000 minggu lalu memicu serentetan perayaan tetapi juga menimbulkan beberapa keraguan tentang apakah yang telah didapatkan pasar jelang data ekonomi dan pendapatan perusahaan.

Keuntungan awal pekan ini terinspirasi oleh lebih baiknya dari perkiraan penghasilan dari perusahaan utama termasuk JPMorgan Chase, Goldman Sachs dan Google, di antara lain, tapi suasananya berkurang oleh hasil yang mengecewakan kemudian dari Bank of Amerika dan General Electric.

Minggu ini, sekitar selusin perusahaan terkait indeks Dow dan 135 perusahaan anggota indeks S & P 500 akan mengelurkan laporan hasil keuangan mereka. (*)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009