Singapura (ANTARA News/AFP) - Perusahaan investasi pemerintah Singapura Temasek Holdings, Senin mengatakan, pihaknya sedang merencanakan penawaran baru obligasi 10-tahun baru sebagai bagian dari program peningkatan modal senilai lima miliar dolar AS.

Obligasi yang akan dikeluarkan oleh Temasek Financial, sebuah anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya, "dijamin sepenuhnya dan tanpa syarat" oleh perusahaan induknya, Temasek mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Penerbit bermaksud untuk memberikan hasil bersih dari penawaran kepada Temasek dan anak perusahaannya untuk membiayai perjalanan bisnis biasa," kata pernyataan itu.

Temasek tidak memberikan rincian tentang ukuran tawaran tetapi Dow Jones Newswires mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan rencana itu mungkin satu miliar dolar AS.

Ini akan menjadi penawaran yang kedua dalam 35 tahun sejarah Temasek. Penerbitan pertama menghimpun dana 1,75 miliar dolar dari obligasi 10 tahun perdana pada September 2005.

Temasek Holdings, salah satu di antara para pengelola kekayaan negara terbesar global, memiliki portofolio investasi senilai 130 miliar dolar Singapura (93 miliar dolar AS) per Maret 2009.

Pada September, Temasek mengumumkan keuntungan bersihnya merosot 67 persen menjadi 6,0 miliar dolar Singapura dalam tahun hingga Maret akibat krisis global.(*)

Pewarta: mansy
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009