Jakarta (ANTARA News) - Anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan, Effendi MS. Simbolon mengatakan anggota dewan perwakilan rakyat berencana akan menggulir hak angket terkait kasus Bank Century.

"Hak angket akan untuk membongkar kasus Bank Century," kata Effendi Simbolon setelah sidang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2009-2014 di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa.

Effendi menuturkan rencana untuk menggulirkan hak angket terhadap Bank Century sebagai program DPR pada 100 hari pertama kerja anggota perwakilan rakyat pascapelantikan, 1 Oktober 2009.

Anggota dari Fraksi PDI Perjuangan itu, menyatakan optimistis pengajuan hak angket bisa terlaksana, meski PDI Perjuangan memiliki kekuatan kecil.

Effendi mempertanyakan kenapa pemerintah mengucurkan dana sebesar Rp6,76 triliun tanpa alas dan kekuatan hukum yang jelas.

Ia berharap susunan tim ekonomi pada Kabinet Indonesia Bersatu jilid II masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono, bisa memperbaiki sistem maupun tingkat perekonomian di Indonesia.

Sejumlah kalangan meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka kasus skandal Bank Century dan mendesak pemerintah melalui Bank Indonesia (BI) segera memperbaiki sistem perbankan secara menyeluruh dan peningkatan pengawasan perbankan. (*)

Pewarta: handr
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009