London (ANTARA News/AFP) - OPEC siap menginvestasikan dana untuk membantu produksi minyak di tengah pemulihan permintaan energi dan meningkatnya harga minyak mentah, kepala kartel Abdalla Salem El-Badri mengatakan pada Selasa.

"Kami, OPEC, sudah siap untuk berinvestasi," kata sekretaris jenderal Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) kepada Minyak & Uang 2009, sebuah konferensi London untuk industri energi di dunia.

Sebagian besar dari 12 negara-negara anggota OPEC puas dengan harga minyak saat ini, yang pada Selasa sempat mencapai tertinggi satu tahun di atas 80 dolar per barel.

El-Badri mengatakan Selasa bahwa harga minyak 60-70 dolar tidak akan cukup untuk memungkinkan tingkat investasi yang memadai oleh OPEC, yang memompakan 40 persen dari minyak dunia.

"Harga 60-70 dolar tidak mengizinkan investasi besar," katanya pada delegasi konferensi yang berkumpul di ibukota Inggris.

"Anda membutuhkan lebih banyak uang untuk berinvestasi di lepas pantai, di minyak non-konvensional," ia menambahkan.

OPEC melihat harga minyak kembali menguat di atas 80 dolar berkat dolar yang lemah dan memuncaknya optimisme mengenai pemulihan ekonomi global.

Meskipun minggu ini mengalami kemajuan, harga minyak masih jauh di bawah puncak bersejarah lebih dari 147 dolar terlihat pada pertengahan 2008.(*)

Pewarta: luki
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009