Palembang (ANTARA News) - Gubernur Sumatra Selatan H Alex Noerdin akan mewakili Indonesia menghadiri rapat persiapan SEA Games Indonesia tahun 2011 di Laos pada 24 hingga 26 Oktober 2009.

Wakil Ketua Biro Humas KONI Sumsel Asdit Abdullah mengatakan di Palembang, Rabu, rapat ini akan dihadiri oleh seluruh negara peserta SEA Games.

"Dia ditunjuk mewakili Indonesia karena pada SEA Games mendatang Sumsel adalah salah satu provinsi di Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah," kata dia.

Selain itu, dia melanjutkan, mantan Bupati Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) ini kebetulan menjadi pimpinan kontingen Indonesia di SEA Games Laos pada awal Desember 2009.

"Kehadiran beliau di rapat ini diharapkan dapat membaca keinginan dari negara-negara peserta SEA Games terhadap tuan rumah (Indonesia-red)," ucap dia.

Dia menambahkan, pada rapat itu, Alex Noerdin akan didampingi Ketua Umum KONI Sumsel Muddai Madang, Wakil Ketua Umum II Dhenie Zainal dan Sekretariat Umum Hanan Zulkarnain.

"Kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh pengurus KONI Sumsel untuk menyiapkan diri sebagai tuan rumah dengan melakukan peninjauan langsung ke Laos sebagai negara pelaksana SEA Games tahun ini," kata dia pula.

Pada SEA Games Indonesia itu, akan disertakan 43 cabang olahraga dengan menggelar 485 nomor event.

Dari 43 cabang olahraga yang akan disertakan itu, sembilan cabang olahraga di antaranya dipertandingkan di Palembang, Sumsel.

Sumsel sedikitnya akan menampung 4.200 atlet dan belum termasuk ofisial dan pelatih.

Jumlah atlet ditempatkan di Palembang ini, diperkirakan lebih besar dibandingkan yang bertanding di Jabar dan Jateng dan DKI Jakarta yang masing-masing hanya 3.000 atlet.

Kondisi ini membuat Sumsel berpeluang menjadi pelaksana acara pembukaan SEA Games 2011.
(*)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009