Jambi (ANTARA News) - Dinas Pendidikan Kabupaten Merangin, Jambi, akan membuka penerimaan guru kontrak yang diperuntukkan bagi guru SD, SMP, SMA dan SMK, yang dirasakan masih kurang.

Kepala Dinas Pendidikan Merangin, Fauzi ketika dihubungi, Rabu, mengatakan, jumlah guru kontrak yang akan dibutuhkan sekitar 300 orang untuk semua tingkatan, mulai dari guru SD hingga SMA.

Guru kontrak ini nantinya akan ditempatkan di daerah terpencil, yang selama ini masih kekurangan guru, katanya.

Untuk bisa menjadi menjadi guru kontrak tingkat SD dan SMP minimal pendidikan terakhir Diploma (D-III), sementara untuk guru SMA dan SMK minimal pendidikan terakhir adalah Strata 1 (S-1).

Pembukaan pendaftaran guru kontrak tersebut akan dimulai pada November 2009 dan pelaksanaan tes diperkirakan pada Desember 2009.

"Guru kontrak yang akan diterima ini untuk tahun 2010, tesnya kalau tidak ada halangan pada Desember 2009i," ujar Fauzi.

Ketika berbicara masalah honor, Fauzi mengatakan, honor guru kontrak sama dengan upah minimum regional atau berkisar antara Rp700 ribu perbulan. Honor guru kontrak ini diajukan pada anggaran tahun 2010 sekitar Rp2 miliar lebih.

Setelah diterima, para guru kontrak akan mengikat kontrak kerja salama satu tahun, namun apabila guru tersebut dinilai baik dan masih dibutuhkan akan diperpanjang kontraknya satu tahun lagi.

Ia berharap, penerimaan guru kontrak ini bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi para guru yang belum mendapatkan pekerjaan sekaligus bisa mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Merangin.(*)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009