London (ANTARA News/AFP) - Pasar saham Eropa ditutup melemah pada Kamis waktu setempat, memperpanjang kerugian di tengah kegelisahan baru tentang kesehatan pemulihan global setelah angka-angka kunci pertumbuhan China jatuh jauh dari perkiraan.

Dealer mengatakan kenaikan kuat baru-baru ini pada euro, yang melompat ke tertinggi 14-bulan pada Rabu di atas tingkat kunci 1,50 dolar, mungkin telah memukul sentimen karena bisa melemahkan ekspor zona euro, penggerak utama untuk zona euro.

Ekonomi China berkembang 8,9 persen pada kuartal ketiga, kembali ke pertumbuhan yang kuat tetapi berada di bawah perkiraan untuk kenaikan 9,1 persen.

Analis mengomentari, data memberikan kesan bahwa ekonomi sekarang berkembang cukup cepat untuk Beijing untuk mulai menarik sebagian besar dukungan stimulus tapi bisa menjadi pedang bermata dua.

Banyak telah menyuarakan keprihatinan bahwa pemerintah ingin mengekang stimulus pengeluaran besar mereka yang mungkin dilakukannya terlalu cepat, membahayakan pemulihan yang masih rapuh.

Investor juga gelisah di tengah beberapa komentar kritis bahwa sebagian besar penguatan hasil perusahaan AS mencerminkan keuntungan yang dibuat oleh pemotongan biaya pekerjaan dan bukannya peningkatan yang mendasari bisnis mereka, kata para dealer.

Data bervariasai klaim pengangguran baru AS menambah kehati-hatian meskipun Wall Street naik setelah laporan positif pada indikator-indikator utama.

Gambaran yang berombak mendorong aksi ambil untung dan lebih banyak diskusi tentang apakah kemajuan besar dari posisi terendah Maret benar-benar adalah oleh perbaikan dalam fundamental ekonomi.

Di London, patokan indeks FTSE 100 dari saham-saham terkemuka kehilangan 0,96 persen menjadi 5.207,36 poin dan di Paris indeks CAC 40 jatuh 1,35 persen menjadi 3.8290,85 poin. Di Frankfurt, indeks DAX menyusut 1,21 persen menjadi 5.762,93 poin.

Di Wall Street, blue-chip Dow Jones Industrial Average naik 0,44 persen dan tepat di bawah tingkat psikologis kunci 10,000 poin di sekitar 1600 GMT.

Dealer mengatakan, data AS menunjukkan klaim pengangguran baru selama seminggu hingga 17 Oktober naik 2,1 persen menjadi 531.000 dibandingkan dengan perkiraan untuk jatuh menjadi 515.000 menekuk sentimen meskipun data laporan lainnya lebih positif.

Laporan klaim "tidak semua memenuhi harapan," kata Patrick O`Hare dari Briefing.com.

"Secara statistik, perubahan dapat diabaikan, tetapi di dunia nyata itu adalah mengatakan pengingat bahwa pasar tenaga kerja masih sangat lemah 22 bulan ke resesi resmi," kata O`Hare.

Analis Charles Schwab & Company lebih optimis, mengatakan dalam sebuah laporan kepada kliennya, bahwa "sengatan dari data pekerjaan ditenangkan oleh komponen dari laporan yang masih menunjukkan tren baik di klaim pengangguran."

Selain itu, hasil perusahaan telah positif, "menambah ceria sentimen mengenai kesehatan sektor korporasi," kata para analis.

John Murphy dari ODL Securities mengatakan bahwa sementara pasar telah rally kuat sejak Maret, "seseorang tidak dapat membantu tapi merasa bahwa ada rasa tersisa yang mendasari kegugupan."

Di tempat lain di Eropa, Amsterdam merosot 1,48 persen, Brussel turun 0,83 persen, Madrid kehilangan 0,39 persen, Milan merosot 1,50 persen dan Swiss turun 0,45 persen.

Di perdagangan Asia awal Kamis, investor mengikuti Wall Street yang turun 0,92 persen pada Rabu setelah aksi jual saham bank pada akhir sesi setelah analis menurunkan peringkat untuk Wells Fargo.

Tokyo kehilangan 0,64 persen, dengan sentimen juga terkena angka pertumbuhan China. Hong Kong jatuh 0,48 persen, Shanghai turun 0,62 persen dan Sydney turun 0,53 persen.(*)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009