London (ANTARA News/Reuters) - Pembalap Citroen Sebastien Loeb sedang berburu rekor gelar kejuaraan dunia reli enam kali berturut-turut dengan meraih keunggulan tipis pada balap penentuan gelar Inggris pada Jumat waktu setempat.

Pada akhir leg pertama di Wales, sang pemimpin kejuaraan asal Prancis itu berhasil mengganjal pembalap Ford Mikko Hirnoven dengan selisih 5,3 detik dalam duel tersebut.

Hirnoven punya keunggulan satu poin tapi Loeb lebih banyak memenangi balapan, berarti sang juara harus menyelesaikan poin-poin dan unggul dari pembalap Finlandia itu untuk bisa mempertahankan gelar.

Dua pemburu gelar itu mengakhiri persaingannya dengan memiliki keunggulan lebih 35 detik atas urutan ketiga pembalap Citroen asal Norwegia Petter Solberg.

Loeb memulai balapan dengan memenangi tiga tahapan pembukaan dalam kondisi medan yang basah dan berkabut, namun Hirnoven melesat.

"Ini siang yang sulit, saya tidak mengerti mengapa saya melamban di sini dan pada tahapan pertama," kata Loeb.

"Saya senang menjadi yang pertama di jalanan besok, Mikko sangat cepat dan ini akan menjadi pertarungan yang menyenangkan," tambahnya.

Sementara itu Hirnoven sedang memburu gelar pertamanya, berada di kedua tercepat di belakang Loeb pada tiga tahapan pertama tapi membalikkan keadaan menjadi terdepan pada tahapan keempat dan keenam.

"Ini persaingan yang sangat hebat, saya sungguh menikmati, ya saya mengendara kurang sempurna pagi ini tapi siang ini lebih baik, sekarang saya harus menjaga ini besok," kata Hirnoven.

Tahapan pertama lomba Sabtu akan berlangsung mulai dari perkampungan Welsh Rhonda.
(*)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009