Jakarta (ANTARA News) - Tim Indonesia maju ke perebutan peringkat kelima dalam Kejuaraan Dunia Junior bulutangkis beregu campuran setelah mengalahkan Hong Kong 3-0, Minggu.

Ganda campuran Rendy Sugiarto/Tiara Rosalia Nuraidah membuka angka bagi tim Indonesia dengan mengalahkan Chan Dick Long/Leung Kin Yan 21-9, 21-15.

Angka kedua diraih pemain tunggal putra Evert Sukamta yang mengungguli Tam Chun Hei 21-9, 21-11 dalam pertandingan yang digelar di Sultan Abdul Hamid Stadium, Kedah, Malaysia tersebut.

Siti Anida Lestari Qoryatin memastikan kemenangan tim Indonesia atas Hong Kong setelah menundukkan Yeuk Yik Kei 21-12, 21-16. Karena Indonesia sudah menang 3-0, maka dua partai berikutnya yakni ganda putra dan ganda putri tidak dipertandingkan.

Pada hari terakhir turnamen yang memperebutkan Piala Suhandinata itu, Senin (26/10), Indonesia bertemu Jepang yang mengalahkan India 3-1 dalam penentuan peringkat lima dan enam.

Pelatih ganda Pelatnas Pratama Namrih Suroto mengatakan, meskipun ganda yang diturunkan saat melawan Hong Kong berbeda dengan mereka tampil dalam pertandingan sebelumnya, bukan berarti tim Indonesia tidak tampil dengan kekuatan penuh.

"Sebenarnya kita tetap dengan kekuatan penuh, (ganda) dipisah bukan karena lawan lebih lemah," katanya.

Untuk melawan Jepang, lanjut Namrih, tim Merah Putih akan berusaha semaksimal mungkin, dengan menurunkan ganda dan campuran seperti yang dipasang melawan Hong Kong.

Selain Rendy/Tiara, dua ganda yang dipersiapkan melawan Hong Kong adalah Muhammad Ulinnuha/Angga Pratama dan Della Destiara/Ni Made Claudia Ayu Wijaya meskipun dua ganda itu tidak dipertandingkan karena Indonesia sudah menang 3-0.

Sementara itu Hong Kong dan India akan bertemu dalam pertarungan untuk menentukan tim peringkat ketujuh dan delapan.

Adapun juara bertahan China selangkah lagi mempertahankan gelarnya setelah maju ke final dengan meraih kemenangan atas Thailand 3-0.

Di final, China akan menghadapi tuan rumah Malaysia yang menang atas Taiwan 3-1, sedang Thailand dan Taiwan bertemu untuk menentukan juara tiga dan empat.
(*)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009