Makassar (ANTARA News) - Juara bertahan Persipura Jayapura untuk kali ketiga terpaksa meraih satu poin setelah ditahan imbang 1-1 oleh Persiba Balikpapan dalam lanjutan Super Liga di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu.

Persipura yang tampil dengan formasi lengkap, memiliki peluang untuk memetik poin tiga dalam partai kandang perdananya. Pertandingan baru berjalan selama satu menit, Persipura sudah mendapat peluang emas, namun sayang umpan matang Boaz dari sisi kiri pertahanan lawan, gagal dijangkau Beto Goncalves.

Setelah menyia-nyakan sejumlah peluang, Persipura akhirnya dapat unggul pada menit ke 10 melalui pemain depan, Ian Louis Kabes. Gol ini berawal dari kerjasama apik antara kapen Persipura Edward Ivakdalam yang memberikan umpan terobosan yang akhirnya berhasil dimanfaatkan dengan sempurna oleh pemain timnas tersebut.

Dengan Keunggulan 1-0, Persipura yang tampil dengan dukungan ribuan suporter baik asal Papua ataupun dari Makassar, makin bersemangat untuk menggempur pertahanan yang digalang Mojo Dadic dkk, tetapi dengan konsentarsi yang baik, membuat pertahanan Persiba tetap bisa menghalau peluang yang tercipta.

Pada babak pertama, sebenarnya bukan sepenuhnya milik tim tuan rumah yang memilih kadang di Makassar. Tim asuhan Haryadi ini bahkan sempat mendapat sejumlah peluang yang cukup matang seperti yang diperoleh gelandang Argentina Robertino Pugliara pada menit ke 4 serta penyerang yang disebelumnnya memperkuat PSIS, Johan Yoga meskipun akhirnya gagal membuahkan gol.

Pada babak kedua, Persipura yang begitu mendominasi dan memiliki sejumlah peluang pada babak pertama, justru terlihat sedikit menurunkan tempo permainan, mereka bahkan tidak menunjukkan karakter yang mereka miliki yakni permainan cepat.

Sejumlah pemain justru mulai terbawa arus permaian tim tamu yang sedikit lebih lambat dan sekali-kali melakukan serangan yang sangat berbahaya. Bahkan hingga 30 menit permainan, hanya sedikit yang menjadi peluang.

Melihat kondisi Persipura yang mulai hilang ciri khas, Persiba mulai mengambil alih permainan dan menciptakan sejumlah peluang emas, namun karena terkendala penyelesaian akhir membuat skor tetap tak berubah.

Namun kesabaran para pemain Persiba akhirnya membuahkan hasil. Umpan terobosan yang dilesakkan Julio Lopez akhirnya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pemain penganti Hendro S pada menit ke 84 sekaligus menyamakn kedudukan menjadi 1-1.

Gol inipun sontak membuyarkan impian tiga poin pertama Persipura dalam penampilan ketiga kalinya. Hasil inipun membuat Persipura sebagai tim yang belum pernah meraih hasil sempurna.

Pelatih Persipura Jacksen F Tiago seusai laga mengatakan bahwa hasil ini tak lepas dari kondisi fisik pemain yang memang sedikit bermasalah khususnya pada babak kedua.

"Kita memang sedikit bermasalah dengan kondisi fisik pemain, makanya kami kelihatan tidak bermain seperti biasa, mudah-mudahan kedepan, mereka bisa kembali dalam kondisi terbaiknya," katanya.

Sementara pelatih Persiba Haryadi menjelaskan bahwa timnya sengaja memperlambat permaianan khususnya dibabak pertama, untuk meredam permaian cepat Persipura. Strategi itu ternyata cukup ampuh pada babak kedua, dimana pemain Persipura seakan ikut irama permainan Persib.

"Strategi itu sengaja kami terapkan untuk meredam kecepatan para pemain Persipura, kami bersyukur hal itu ternyata berhasil," katanya.(*)

Pewarta: ferly
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009