London,(ANTARA News) -Batu bertuah milik Torres punyaaksi,karena memuat adab pergaulan bahwa berilah bukti bukan janji, apalagi busa-busa janji. Buktinya, Liverpool membukukan kemenangan mengesankan musim kompetisi Liga Utama, setelah mencetak angka 2-0 atas saingan berat mereka Manchester United, Minggu.

Striker dari Spanyol Fernando Torres menjadi pemain target atas kemenangan Liverpool ketika pada menit ke-65 mencetak gol dan David Ngog menambah gol kedua klub itu pada menit akhir pada perayaan kemenangan di Anfield setelah mereka mengalami empat kekalahan yang meruntuhkan moral mereka selama ini, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Kemenangan itu menghidupkan harapan Liverpool dalam perburuan gelar, karena posisi mereka naik ke urutan kelima dengan menyimpan 18 poin dari 10 pertandingan, empat angka di bawah United dan enam poin terpaut dari pimpinan klasemen Chelsea, yang melonjak ke puncak setelah Sabtu menang 5-0 atas Blackburn Rovers.

Arsenal berada di urutan ketiga di atas Tottenham Hotspur menjelang pertandingan derbi minggu depan di utara London, setelah unggul selisih gol akibat bermain imbang 2-2 di West Ham, padahal sudah terlebih dulu unggul dua angka.

Robin van Persie dan William Gallas membuat tim "Gunners" itu unggul pada babak pertama tetapi West Ham membalas melalui Carlton Cole dan Alessandro Diamanti, yang menembak penalti di Upton Park.

Harapan Manchester City untuk beranjak ke urutan empat besar terhambat karena bermain imbang 2-2 di kandang sendiri ketika menjamu Fulham, padahal mereka sudah unggul dua angka.

Pendukung Liverpool pantas bergembira atas kemenangan tim mereka yang dapat mengatasi permainan United, apalagi akhirnya pelatih United Alex Ferguson mengakui keampunan tim mereka.

"Penampilan yang amat mengecewakan pada babak pertama. Kami tidak dapat menguasai situasi," kata pelatih United Ferguson kepada Sky Sports.

"Liverpool lebih baik dari kami dan mereka menciptakan beberapa peluang bagus. Mereka pantas meraih kemenangan itu," katanya.

Pertandingan itu berlangsung keras sehingga berakhir hanya dengan 20 pemain di lapangan, setelah pemain tengah bertahan United Nemanja Vidic asal Serbia serta pemain tengah Liverpool Javier Mascherano dari Brazil mendapat kartu merah karena bermain terlalu keras.

Vidic, yang menjatuhkan Dirk Kuyt di tengah lapangan, juga dikeluarkan pada dua laga ketika United kalah atas Liverpool musim lalu.

"Ini merupakan kemenangan berharga bagi kami," kata Torres kepada

Sky Sports.

"Kami membutuhkan kemenangan agar dapat tetap dalam posisi berburu gelar," kata striker dari Spanyol itu, yang bermain dengan bantuan suntikan penghilang nyeri sampai akhirnya digantikan pemain lain setelah mencetak gol.

Pelatih Liverpool Rafa Benitez sebelumnya mendapat tekanan kritikan karena kekalahan timnya atas Chelsea di Sunderland di antara kekalahan di Liga Champions atas Fiorentina dan Olympique Lyon.

Namun Minggu ia dapat tersenyum karena timnya bermain bagus kendati harus kehilangan kapten tim yang sedang cedera, Steven Gerrard.

"Secara mental mereka bermain amat solid mulai dari penjaga gawang hingga pemain paling depan," kata Benitez, yang berjudi dengan menurunkan Torres yang sehat "80 persen", kepada Sky Sports.

Pendukung United melemparkan beberapa bola pantai sebelum pertandingan dimulai, sebagai ingatan ketika tim mereka mengalahkan Liverpool di Sunderland beberapa waktu lalu, namun mereka akhirnya terhenyak karena pada akhir laga tim mereka tidak berhasil memenangi pertandingan.

Liverpool mendominasi babak pertama pertandingan dan tendangan bebas yang dilancarkan Fabio Aurelio dapat diamankan Edwin van der Sar yang juga melakukan hal sama ketika datang gebrakan dari Kuyt.

Pemain bernafas kuda Kuyt seharusnya sudah membuat Liverpool unggul tetapi ia menyia-nyiakan beberapa peluang emasnya.

Sementara tendangan Wayne Rooney yang dijinakkan Pepe Reina merupakan peluang paling bagus yang dimiliki United pada babak pertama pertandingan.

Liverpool meneruskan permainan bagus mereka pada babak kedua dan beberapa kali melakukan tekanan ke kubu lawan.

Yossi Benayoun bermain bagus dengan mengirimkan bola kepada Torres yang melewati Ferdinand sebelum melesatkan si kulit bundar melewati Van der Sar, membuat jala gawang bergetar.

Mantan pemain depan Liverpool Owen disoraki penonton ketika turun lapangan di Anfield saat masuk sebagai pemain pengganti atas Dimitav Berbatov yang main mengecewakan.

Ketika United berusaha menemukan bentuk permainan mereka pada lanjutan pertandingan, Owen dijatuhkan Jamie Carragher, yang menurut Ferguson beruntung masih dibiarkan wasit main di lapangan.

Setelah Vidic mendapatkan akibat dari perbuatannya mengganjal lawannya, giliran Mascherano diberi kartu kuning kedua karena menebas Van der Sar sebelum Ngog mengakhiri harapan United lewat gol keduanya.(*)

Pewarta: wibow
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009