Jakarta (ANTARA News) - Tim bola basket putra UPH Tangerang mengandaskan salah satu favorit juara ABFII Perbanas pada Liga Basket Mahasiswa Nasional (Libamanas) seri II di Gelanggang Mahasiswa Soermantri Brodjonegoro Jakarta, Selasa, dengan skor 55-50.

Bertanding di hadapan ratusan pendukungnya, kedua tim saling menunjukkan kelasnya sebagai kandidat juara. Pasalnya sejak Libamanas seri I di Bandung hingga seri II kedua tim belum pernah kalah.

Sebelumnya (seri I), UPH menang atas Unpad Bandung, UGM Yogyakarta dan Ubaya Surabaya, sedangkan Perbanas menang atas STIE BP Jakarta, Unpad Bandung, dan UGM Yogyakarta.

Pada awal pertandingan kedua tim berusaha mencari celah guna menyarangkan bola ke keranjang. Pertandingan keras juga ditunjukkan oleh kedua tim. UPH Tangerang yang dimotori Sumampouw terus menekan Perbanas dan akhirnya unggul dengan skor 14-11.

Di quarter kedua giliran Perbanas yang dipimpin Firmansyah melakukan tekanan pada UPH Tangerang sehingga mampu membalikan kedudukan menjadi 28-23 untuk kemenangan Perbanas.

Tertinggal cukup jauh, UPH Tangerang langsung membuat gebrakan dengan bermain cepat dan taktis. Akhirnya UPH mampu mengumpulkan pundi-pundi poin lebih banyak. Pada quarter ketiga Perbanas harus menyerah dengan skor 35-38.

Pada quarter terakhir kedua tim berusaha menampah poin. Perbanas lewat Januar maupun Putrama berusaha mengejar ketertinggalannya. Namun demikian diakhir pertandingan UPH mampu bangkit dan memenangkan pertandingan dengan skor 55-50.

Selanjutnya UPH Tangerang akan berhadapan dengan STIE BP Jakarta sedangkan ABFII Perbanas. Kedua tim akan bertanding pada hari Kamis (29/10).

Hasil pertandingan sebelumnya adalah tim basket putra UGM kalah dari Swadaya Jakarta 55-66, tim putri UPH Tangerang kalah dari Perbanas Jakarta 39-61, Unpad Bandung kalah dari UIEU Jakarta 49-65 dan London School menang atas Atmajaya Jogjakarta 61-40.

Libamanas 2009 diikuti 20 tim yang terdiri dari 10 tim putra dan 10 tim putri. Perguruhan tinggi yang mengirimkan wakilnya diantaranya UNPAD Bandung, UGM Jogjakarta, Ubaya Surabaya, STIE BP Jakarta dan UPH Tangerang.(*)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009