Bantul (ANTARA News) - Pohon beringin yang diperkirakan berumur lebih dari 30 tahun di Jalan Parangtritis Km 6 Dusun Ngireng Ireng, Panggungharjo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat sekitar pukul 14.30 WIB tumbang menimpa dua mobil dan satu sepeda motor.
"Meski dua mobil dan motor itu rusak parah namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Para pengemudinya hanya mengalami luka ringan," kata Kapolsek Sewon AKP Aris Waluyo.

Menurut dia, mobil Suzuki Jimny AB-8390-RA warna merah yang di dalamnya ada televisi rusak parah dan mobil Honda AB-8769-UH rusak pada bagian kap mesin, sedangkan sepeda motor Yamaha RX King AB-5236-PK juga rusak, katanya.

Ia mengatakan selain merusak dua mobil dan satu sepeda motor, kejadian tersebut juga mengakibatkan jaringan listrik dan telepon terputus karena pohon juga menimpa kabel listrik dan kabel telepon.

"Petugas PLN harus memutus sementara aliran listrik untuk memindahkan batang pohon dan menjaga keselamatan warga," katanya.

Saksi mata Budiarto (55) mengatakan pohon beringin tumbang karena akarnya sudah lapuk dan tidak mampu lagi menahan beban yang ukurannya besar. "Tiba-tiba saya mendengar suara pohon tumbang. Ternyata pohon beringin yang ada di depan rumah saya tumbang," katanya.

Ia mengatakan beberapa tahun yang lalu dirinya pernah melaporkan kepada Pemerintah Kabupaten Bantul dan Provinsi DIY agar pohon beringin segera ditebang karena membahayakan pengguna jalan maupun rumah di sekitar pohon tersebut, namun laporan itu tidak ditanggapi serius.

"Pemerintah Kabupaten Bantul menyarankan kepada saya agar melapor ke provinsi karena pohon itu untuk penghijauan dan ditanam oleh pihak provinsi," katanya.
(*)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009