Jakarta (ANTARA News) - Film garapan Ratna Sarumpaet bertajuk "Jamila dan Sang Presiden" akan berkompetisi dalam Asiatica Filmmediale Festival di Roma, Italia.

"Film ini akan berkompetisi dengan lima film lainnya dari berbagai negara," kata Ratna Sarumpaet di Jakarta.

Ratna menjelaskan, dalam festival film tersebut Jamila dan Sang Presiden akan berkompetisi dengan Film Qopi dari Azerbaijan, Darbareye Elly dari Iran, Gagma Napiri dari Kazakistan, Galamorous Youth dari China, dan Padarok Stalinu dari Rusia.

Ratna menambahkan, pada saat ini Perhimpunan Pengusaha Film dan Televisi Indonesia telah memilih Jamila dan Sang Presiden mewakili Indonesia ke Oscar untuk kategori "Foreign Language".

Di Oscar, Jamila dan Sang Presiden akan berkompetisi dengan 64 film dari 64 negara lain.

Ratna berharap film garapannya tersebut menang di kompetisi Asiatica Filmmediale Festival di Roma Italia.

"Pasalnya, apabila Jamila dan Sang Presiden menang di Italia dapat memuluskan film tersebut menuju piala Oscar," katanya.

Jamila dan Sang Presiden sendiri dibintangi oleh Christine Hakim, Atiqah Hasiholan, Fauzi Baadila dan Surya Saputra.

Film yang berbicara tentang kemiskinan, perdagangan orang dan kejahatan seksual terhadap perempuan di bawah umur tersebut diangkat dari drama berjudul Pelacur dan Sang Presiden.

"Film tersebut terinspirasi dari kehidupan nyata yang terjadi di Indonesia," katanya.

"Banyak pesan moral yang ingin disampaikan melalui film ini dan saya harap itu jadi pertimbangan juri di Asiatica Filmmediale Festival atau piala Oscar nantinya," katanya.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009