Palembang (ANTARA News) - Perum Kantor Berita Indonesia (LKBN) ANTARA Biro Sumatra Selatan (Sumsel) bekerja sama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Bahasa Indonesia dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bina Darma (UBD) Palembang, siap menggelar workshop menulis cerita pendek.

Workshop sehari penulisan kreatif cerita pendek (cerpen) di media massa itu, akan menghadirkan dua sastrawan dan seniman terkenal dari Sumsel dan Lampung, kata Wakil Rektor UBD, Sunda Ariana MPd, mendampingi Rektor Prof Ir H Bochari Rachman MSc, Karo ANTARA Sumsel Budisantoso Budiman, dan Ketua Panpel Yudi Abdullah beserta jajaran panitia, di Palembang, Sabtu.

Isbedy Stiawan ZS, sastrawan kondang nasional asal Lampung telah menyatakan siap hadir pada workshop itu, untuk menyampaikan materi tentang "Penulisan Kreatif Cerpen".

Begitupula Anwar Putra Bayu, sastrawan/seniman Sumsel telah menyatakan kesiapan sebagai narasumber workshop untuk pelajar, mahasiswa, guru, dan masyarakat umum, dengan materi praktis penulisan cerpen tersebut.

Pelatihan praktis dan singkat dengan tema "Meningkatkan Apresiasi Mahasiswa, Pendidik dan Masyarakat Umum terhadap Bahasa dan Sastra Indonesia serta Memotivasi Menulis Cerpen di Media" ini, dijadwalkan berlangsung di Aula Kampus Utama UBD, Kamis (5/11).

Sunda Ariana menjelaskan bahwa workshop tersebut digelar dalam rangka menyemarakkan Bulan Bahasa Nasional yang diperingati setiap tahun pada 28 Oktober.

Namun, sayangnya saat ini bulan bahasa itu terkesan masih kurang mendapatkan perhatian dari masyarakat luas, kata dia pula.

Karena itu, melalui kegiatan yang digelar di lingkungan kampus ini diharapkan bulan bahasa Indonesia akan selalu diingat dan diperingati masyarakat pada setiap tahun dengan produktif dan lebih semarak.

Ketua Panpel Yudi Abdullah yang juga staf Biro ANTARA Sumsel menambahkan, workshop itu digelar dengan tujuan meningkatkan pemahaman generasi muda, pendidik, dan masyarakat umum terhadap penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta memahami teknik menulis cerpen yang berkualitas.

"Melestarikan bahasa Indonesia dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, serta memotivasi mahasiswa dan generasi muda menulis cerpen yang dipublikasikan di media massa cetak, seperti koran harian, tabloid, dan majalah lokal maupun nasional, menjadi tujuan workshop itu pula," kata dia lagi.

Ditegaskan bahwa dua nara sumber yang dihadirkan adalah sosok sastrawan dan seniman yang berkompeten dan memiliki pengalaman dalam menulis cerpen yang berkualitas.

Kedua seniman itu juga dikenal bukan saja milik daerah masing-masing, tapi juga telah menjadi aset nasional, dan bahkan berkali-kali diundang ke mancanegara termasuk untuk membacakan karya sastra berupa puisi maupun cerpen.

"Sudah tak terbilang lagi jumlah karya puisi dan cerpen keduanya yang dimuat di berbagai media massa cetak lokal maupun nasional, termasuk Isbedy Stiawan ZS yang masih terus pula menghasilkan buku kumpulan puisi dan cerpen itu," ujar Yudi lagi.

Workshop Menulis Cerpen di Media ini, lanjut dia, terbuka bagi mahasiswa, pendidik dan masyarakat umum.

Untuk menjadi peserta kegiatan ini cukup memberikan kontribusi sebesar Rp50.000 per orang bagi mahasiswa, dan Rp75.000 per orang bagi pendidik dan masyarakat umum, dengan fasilitas makan siang dan sertifikat serta bahan-bahan tentang penulisan cerpen dari narasumber.

Calon peserta yang berminat bisa menghubungi panitia di LKBN ANTARA Biro Sumsel, Jl Srijaya Negara Bukit Besar Palembang, Telp (0711) 313764, Fax (0711) 359315 maupun datang ke kampus UBD di Plaju Palembang, ditunggu paling lambat satu hari sebelum kegiatan berlangsung pada Rabu (4/11).(*)

Oleh rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009