Milan (ANTARA News/Reuters) - Pemain pengganti Jesus Datolo membantu Napoli, yang bermain agresif, mengejar ketinggalan 2-0 mereka untuk meraih kemenangan 3-2 atas tim tuan rumah Juventus dalam pertandingan yang berlangsung ketat pada Liga Utama Italia (Serie A) Sabtu.

Pemain tengah Argentina itu mencetak satu gol dan memiliki andil karena memberi umpan bagi dua gol lain Napoli untuk mengangkat klub itu naik ke posisi kelima dalam klasemen sementara, atau dua poin di bawah AC Milan.

AC Milan menduduki urutan keempat setelah lompatan besar mereka dengan mengalahkan Parma lewat dua gol Marco Borriello dalam kemenangan kandang 2-0 pada pertandingan lain Sabtu.

"Saat seorang pelatih membuat suatu perubahan ... begitu pula para pemain akan merespon dan Datolo telah melakukannya dengan sangat baik," ujar pelatih baru Napoli Walter Mazzarri, yang telah menang dalam tiga dari empat pertandingan sejak ia menggantikan Roberto Donadoni pada awal bulan ini, kepada televisi Sky.

Juve, peringkat kedua dalam klasemen sementara, bermain dengan semangat tinggi pada awal pertandingan setelah Rabu melibas Sampdoria 5-1 tetapi kemudian mereka meninggalkan lapangan dengan perasaan tidak menentu, setelah pertandingan berakhir dengan kekalahan bagi mereka.

Juve unggul terlebih dahulu ketika striker David Trezeguet menandukkan dengan penuh kekuatan bola masuk ke gawang 10 menit menjelang waktu turun minum.

Sebastian Giovinco menggandakan keunggulan mereka pada awal babak kedua, ketika ia menembakkan bola setelah bek Napoli Matteo Contini menanduk bola lurus mengarah kepadanya.

Datolo kemudian masuk sebagai pemain pengganti dan segera membuat perubahan pada klub Napoli itu, dengan melontarkan umpan silang bagi Marek Hamsik, yang kemudian melesakkannya ke gawang Juve.

Dia sendiri kemudian mencetak gol untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-64, setelah Hamsik melakukan sepak pojok.

Datolo juga ikut andil bagi terciptanya gol ketiga Napoli ketika bolanya masuk ke kotak penalti sehingga memberi peluang kepada pemain Slowakia Hamsik untuk menyarangkannya ke gawang Juve pada sisa waktu sembilan menit.

Pemain pengganti Amauri dikeluarkan dengan kartu merah pada menit akhir karena menjegal kiper Napoli Morgan De Sanctis untuk melengkapi penderitaan yang dialami Juve setelah pemain Juve Ciro Ferrara terjatuh dengan bagian punggung membentur tanah di babak kedua.

"Sulit untuk menganalisa dengan mudah pertandingan itu. Napoli adalah klub yang tidak pernah menyerah tetapi tidak dapat diprediksi," ujar Ferrara said.

Milan yang terus membaik dan akan menjamu Real Madrid dalam laga Liga Champions Selasa saat Juve bertandang ke kandang Maccabi Haifa, merasa khawatir di menit-menit awal ketika Dida menyentuh bola hasil tembakan Blerim Dzemaili hingga membentur mistar gawang.

Striker Borriello kemudian membuat tim tuan rumah Milan unggul lewat golnya di menit ke-12 ketika menjentikan umpan matang dari Ronaldinho.

Duo pemain tersebut bekerjasama lagi pada injury time ketika Borriello melesakkan dengan berakrobat umpan dari pemain Brazil tersebut.

Pemimpin klasemen Inter Milan, yang memiliki empat poin di atas Juve, bertandang ke Livorno, Minggu, dengan bek Davide Santon tidak dimasukkan dalam skuad itu karena permainannya yang buruk saat menang 5-3 atas Palermo, Kamis lalu.
(*)

Pewarta: luki
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009