Washington (ANTARA News/AFP) - Sektor manufaktur AS mengalami ekspansi untuk ketiga bulan berturut-turut pada Oktober, dengan indeks aktivitas lebih kuat dari yang diperkirakan 55,7 persen, sebuah survei swasta memperlihatkan Senin.

Institute of Supply Management mengatakan indeks pabrik, juga dikenal sebagai indeks pembelian manajer, menunjukkan tingkat pertumbuhan tertinggi sejak April 2006.

Indeks naik dari 52,6 persen bulan lalu dan lebih kuat dari perkiraan pasar 53 persen. Setiap angka di atas 50 menunjukkan pertumbuhan.

"Lompatan dalam indeks ini didorong oleh produksi dan kesempatan kerja, dengan keduanya mencatat kenaikan signifikan," kata kepala survei ISM Norbert Ore.

"Produksi tampak menjadi diuntungkan dari terus menguatnya pesanan baru, sementara membaiknya pekerjaan disebabkan oleh beberapa pemanggilan kembali dan kesempatan bagi pekerja sementara," kata Ore.

"Secara keseluruhan, tampak bahwa persediaan seimbang dan bahwa manufaktur berada dalam modus pemulihan yang berkelanjutan."

Di antara sub-indeks dalam survei, indeks tenaga kerja 53,1 persen, menandai perubahan haluan yang tajam dari bulan lalu pada tingkat 46,2 persen dan menunjukkan bahwa pabrik-pabrik mulai menambah pekerjaan. (*)

Pewarta: mansy
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009