Malang (ANTARA News) - Kereta Api (KA) Matarmaja dengan nomor loko 20108 jurusan Jakarta-Malang, mengalami kecelakaan, anjlok di Kilometer 805/7 Kawasan Terowongan Bendungan Sutami, Desa Karangkates, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa.

Salah satu petugas pengatur rel Stasiun Sumber Pucung, Kabupaten Malang, Sujito, mengatakan, kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 07:00 WIB itu, mengakibatkan puluhan penumpang KA Penataran jurusan Surabaya-Blitar dengan nomor loko 963 yang membawa tujuh gerbong, menunggu 2 jam di Stasiun Sumber Pucung.

"Sudah sekitar dua jam ini, Penataran yang akan ke Blitar harus menunggu evakuasi gerbong Matarmaja yang anjlok di kilometer 805/7 kawasan terowongan bendungan Sutami," katanya.

Sujito mengatakan, evakuasi gerbong yang anjlok telah selesai dilakukan pukul 10:30 WIB, dan jalur telah normal kembali sejak pukul 12:00 WIB.

Sementara, salah satu petugas rel Stasiun Blitar, Sukiman, usai dikonfirmasi mengatakan, Kereta Matarmaja yang membawa 11 gerbong itu, pada gerbong ke-6 salah satu dari relnya mengalami kerusakan teknik dan sempat terseret sejauh 280 meter.

Meski demikian, kecelakaan ini tidak memakan korban jiwa maupun luka, dan penumpang berhasil di evakuasi dengan gerbong lainnya menuju Stasiun Malang Kota.

"Kejadian sekitar pukul tujuh pagi tadi, namun tidak ada korban meninggal ataupun luka, dan seluruh penumpang berhasil di evakuasi," ucapnya. (*)

Pewarta: handr
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009