CANBERRA, 4 November (ANTARA/Medianet International-AsiaNet) --

     Dunia harus memperluas pengembangan komersial proyek pengambilan dan penyimpanan karbon (CCS) di seluruh industri, geografi dan teknologi dalam rangka mempercepat penyebaran, demikian menurut laporan penting kedua Global CCS Institute yang dirilis hari ini.

     Laporan ini ditugaskan oleh Global CCS Institute untuk mencirikan suatu 'Portofolio Ideal' proyek-proyek yang berpotensi besar membantu secara signifikan penyebaran CCS komersial berskala besar pada tahun 2020.

     Sebagai bagian dari upayanya meningkatkan pengetahuan CCS, menurunkan biaya dan membangun kepercayaan publik terhadap teknologi ini, Global CCS Institute akan menggunakan Portofolio Ideal sebagai salah satu alat untuk memprioritaskan dukungan bagi proyek. Mayoritas anggaran tahunan Global CCS Institute senilai AUD$100m akan difokuskan untuk melaksanakan proyek CCS berskala besar ke depan.

     Laporan ini, yang disusun oleh L.E.K. Consulting, dan berdasarkan analisa ekstensif serta konsultasi dengan para ahli global, merinci kombinasi beragam namun disengaja dari 26 proyek prioritas yang bersama-sama akan menjamin dunia ini paling cocok untuk mengatasi berbagai rintangan yang dihadapi CCS dewasa ini.

     Pembentukan Portofolio Ideal ini mengakui pentingnya sektor pengeluaran CO2 terbesar, dan mengalokasikan enam proyek untuk besi dan baja, serta industri semen, dengan mengkhususkan mereka sebagai sektor yang kemajuan dan kontribusi teknologinya diremehkan.

     CEO Global CCS Institute Nick Otter berkata "Industri besi dan baja, serta semen bertanggung jawab atas lebih dari 20 persen emisi CO2 dunia. Jika CCS akan membantu pengurangan emisi yang dibutuhkan dunia, maka industri harus merupakan bagian dari solusi."

     Laporan tersebut tentunya mengutamakan sektor Pembangkitan Tenaga Listrik, mengingat kontribusinya sendiri terhadap emisi global dan skala serta usahanya pada CCS, dengan merekomendasikan minimal 17 jenis proyek tetapi menyebarkan mereka dalam kombinasi bahan bakar dan teknologi yang berbeda.

     Laporan ini mengakui bahwa beberapa sektor industri, termasuk ekstraksi dan pengolahan gas, sementara hanya mewakili sebagian kecil dari emisi global, telah melakukan pemisahan CO2. Industri ini dapat memberikan peluang awal bagi pengembangan CCS, dan juga diprioritaskan dalam Portofolio Ideal karena kemampuannya mempercepat penyebaran.

     Sebagian besar proyek dalam Portofolio Ideal disarankan terletak di Amerika Utara, Eropa dan Cina terutama karena mereka ikut andil dalam emisi global. Australia dan Jepang juga digolongkan sebagai daerah prioritas dengan alokasi proyek sekitar 15 persen, karena kebijakan dan lingkungan peraturannya yang menguntungkan.

     "Menyebarkan CCS adalah menyebarkan teknologi. Jika kita ingin penyebaran cepat kita harus mengandalkan perangkat teknologi dan mengambil keuntungan dari syarat peraturan yang ada di negara yang telah menjadi bagian dari penjaga kemajuan," kata Nick Otter.

     Laporan ini juga melengkapi Global CCS Institute dengan kerangka yang disarankan untuk memutuskan proyek yang harus didukungnya, dan sarana di mana dukungan harus diberikan.

     Laporan lengkap "Portofolio Ideal Proyek CCS dan Dasar Pemikiran Proyek Pendukung" dapat ditemukan di www.globalccsinstitute.com

     Catatan untuk editor

     Tentang Global CCS Institute:
     * Global CCS Institute adalah sebuah inisiatif yang mempercepat penyebaran komersial seluruh dunia CCS pada skala, di mana CO2 diambil, diangkut dan kemudian disuntikkan di bawah tanah untuk penyimpanan jangka panjang yang aman.

     * Global CCS Institute telah mendapatkan dukungan kalangan internasional, dengan lebih dari 20 pemerintah nasional dan lebih dari 130 perusahaan terkemuka, badan non-pemerintah dan organisasi riset bergabung sebagai Anggota atau Peserta yang Bekerjasama.

     * Laporan pertama Global CCS Institute - 'Analisa Strategis Status Global Pengambilan dan Penyimpanan Karbon' (dirilis pada tanggal 28 Oktober 2009) dilakukan oleh konsorsium yang dipimpin oleh WorleyParsons untuk meninjau dan menganalisa proyek CCS dunia saat ini.

     Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi:
     Chandran Vigneswaran
     Komunikasi & Media
     Global CCS Institute
     P +61 (0) 2 6175 5331
     F +61 (0) 414 762 390
     E chandran.vigneswaran@globalccsinstitute.com

     SUMBER: Global CCS Institute





Pewarta: prwir
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2009