New York (ANTARA News) - Harga minyak melompat Rabu waktu setempat, mendorong di atas 80 dolar di New York, karena pedagang mencerna data yang menunjukkan kemerosotan stok minyak mentah di Amerika Serikat, sebuah tanda kemungkinan pengencangan kondisi ekonomi.

Kontrak berjangka utama New York, minyak mentah "light sweet" untuk pengiriman Desember berdiri setinggi 81,06 dolar per barel, sebelum mundur kembali menjadi ditutup pada 80,40 dolar, naik 80 sen dari penutupan Selasa.

Di London, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Desember naik 78 sen menjadi menetap di 78,89 dolar per barel.

Departemen Energi AS (DoE) mengumumkan Rabu, cadangan minyak mentah AS tenggelam empat juta barel dalam pekan yang berakhir 30 Oktober, mengejutkan analis yang memperkirakan peningkatan.

DoE menambahkan bahwa ada juga penurunan kecil dalam stok bensin dan sulingan, yang termasuk bahan bakar pemanas dan diesel.

Andy Lipow dari Oil Associates Lipow mengatakan data persediaan "yang mengejutkan sangat besar ke pasar dan yang digabungkan dengan dolar yang lebih lemah berkontribusi pada rally pasar."

Dia mengatakan pengumuman Federal Reserve di kemudian hari - menjaga suku bunga mendekati nol tanpa tanda-tanda perubahan kebijakan - juga mendukung sentimen.

"Persepsi adalah bahwa karena ekonomi tumbuh, orang memiliki lebih banyak uang dalam saku mereka, mereka bisa menghabiskan lebih banyak uang yang menerjemahkan ke dalam permintaan minyak yang lebih tinggi," katanya.

Mike Fitzpatrick dari MF Global mengatakan pedagang sedang mencari tanda-tanda kenaikan dalam kegiatan ekonomi, yang akan meningkatkan permintaan atas energi dan mengangkat harga.

"Bertambah besar dan memudarnya sentimen fokus pada pemulihan kembali mendominasi `keputusan perdagangan peserta," katanya.

"Apakah ada cara pemulihan di bawah? Apakah pemulihan akan berkelanjutan? Apakah konsumen membuka dompet mereka lagi?"

Dia mengatakan situasi mungkin menjadi lebih jelas setelah laporan bulanan pekerjaan AS pada hari Jumat, yang diperkirakan menunjukkan hilangnya pekerjaan menyempit menjadi sekitar 175.000 pada Oktober.

"Ini akan dicatat sebagai positif jika kehilangan pekerjaan adalah 200.000 atau kurang," kata Fitzpatrick.

"Ketika ekonomi tampaknya akan membaik, ekonom `mengulang nasihat selama bertahun-tahun untuk Amerika mengkonsumsi lebih sedikit dan untuk China mengkonsumsi lebih terlihat menjadi kenyataan.

Analis Purvin and Gertz Victor Shum mengatakan harga tidak mungkin akan terus di atas 80 dolar karena kekhawatiran tentang permintaan energi lemah di tengah sinyal bervariasi pada keadaan ekonomi global.

"Ketika minyak semakin dekat dengan level 80-dolar dan pasar cenderung untuk memfokuskan lebih pada tingginya persediaan minyak mentah dan bahan bakar secara global, sulit untuk gelombang melalui 80 dolar dan mempertahankannya di atas level 80-dolar," kata Shum.

Harga minyak telah melompat pada Selasa karena komoditas mendapatkan dorongan dari emas berjangka, yang melanda serangkaian rekor tertinggi.

Harga emas melonjak ke rekor puncak 1.095,80 dolar per ons pada Rabu di bangun dari penjualan besar-besaran logam mulia Dana Moneter Internasional ke India.

Emas dan harga komoditi lain melonjak dalam beberapa bulan terakhir di tengah pergerakan dolar yang telah merosot. Langkah dipercepat oleh laporan bahwa negara-negara Teluk dapat menghentikan penggunaan greenback untuk perdagangan minyak. (*)

Pewarta: handr
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009