Banda Aceh (ANTARA News) - Hujan deras yang turun sejak Kamis siang merendam gampong (kampung) Pasi, Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar dengan ketinggian mencapai sekitar 50 cm.

Informasi yang diperoleh dari warga, Isra Safril, menyebutkan, setelah hujan air mengalir dari gunung di sisi desa sehingga menggenangi gampong Pasi.

Banjir merendam sekitar 20 unit rumah penduduk, sekolah dasar dan rumah ibadah di kawasan yang luluh lantak akibat tsunami 26 Desember 2004 itu.

"Air hujan turun dari dua sisi gunung dan karena tidak saluran air sehingga langsung turun ke permukiman warga dan merendam rumah penduduk maupun fasilitas publik lainnya," kata Isra.

Gampong Pasi merupakan desa pertama yang dijumpai setelah Lhoong, Kabupaten Aceh Besar. Di kawasan tersebut masih dalam tahap pembangunan jalan yang didanai oleh USAID (Dana Bantuan Amerika Serikat).

Jalan lintas Banda Aceh-Calang Kabupaten Aceh Jaya dibangun karena jalan sebelumnya rusak akibat tsunami akhir 2004 dan saat ini masih dalam tahap pembangunan.

Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), curah hujan pada November 2009 di kawasan Aceh Besar sangat tinggi yaitu di atas 500 mm.

Sedangkan curah hujan di Kota Banda Aceh dengan intensitas menengah yaitu 201-300 mm. Sejak dua hari terakhir ibukota Provinsi Aceh itu diguyur hujan disertai petir.
(*)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009