Bandung (ANTARA News) - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Cesar Payovich optimis tim asuhannya mampu mengalahkan Singapura pada partai perdana penyisihan Piala Asia U-19 Grup F yang akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Sabtu (7/11).

"Persiapan kami sudah maksimal dan kemenangan merupakan target realistis bagi tim. Tim hasil terbaik pada laga awal sebagai modal untuk partai berikutnya melawan tim yang lebih kuat," kata Payovich di sela-sela technical meeting di Hotel Grand Preanger Kota Bandung, Jumat.

Partai Indonesia lawan Singapura akan digelar pukul 15.00 WIB. Sedangkan dua pertandingan lainnya Jepang lawan Cina Taipei dan Australia lawan Hongkong.

Menurut Payovich, sebagai tuan rumah Timnas PSSI akan berupaya maksimal untuk meraih target lolos ke babak berikutnya di Piala Asia U-19.

Meski tergabung dalam grup keras bersama Jepang, Australia, Cina Taipei, Hongkong dan Singapura, menurut Cesar para pemainnya sudah disiapkan untuk tampil "fight" dan tidak terpengaruh reputasi tim lawan.

"Semua tim punya ambisi dalan kompetisi ini, termasuk Indonesia sebagai tuan rumah. Namun secara teknik tim ini layak untuk diunggulkan," kata Payovich.

Persiapan dan latihan Timnas Indonesia selama tiga minggu menurut dia merupakan bentuk kesungguhan dan persiapan tim untuk meraih hasil maksimal. Payovich mengaku tidak ada keraguan lagi terhadap tim asuhannya untuk terjun pada ajang menyisihan grup F.

Terkait strategi yang akan diterapkan pada pertandingan besok, Payovich menyatakan siap melakukan tekanan hingga awal pertandingan untuk tidak memberikan kesempatan lawan mendikte tim asuhannya.

"Disiplin dan percaya diri pemain sangat bagus, dan mereka akan mengerahkan kemampuan terbaiknnya pada pertandingan besok," katanya.

Secara khusus, Payovich akan menugaskan salah seorang pemainnya untuk menghentikan salah seorang pemain sentral di tim Singapura,

Sementara itu Pelatih Timnas Singapura, Salim bin Moin menyatakan siap meladeni tim ruan rumah Indonesia meski mengaku buta kekuatan Timnas Indonesia.

"Setelah absen pada Piala AFF, kami tak pernah tahu kekuatan Indonesia. Kami buta kekuatan tim ini, namun tak berarti tim kami akan kesulitan pada pertandingan besok," katanya.

Bahkan ia juga menargetkan siap memberikan kesulitan kepada tim tuan rumah sejak awal pertandingan.

"Kami siap buat mereka kesulitan dan kami targetkan mampu meraih point pertama pada pertandingan besok," kata Salim din Moin.

Ia mengakui, dibandingkan timnas Indonesia, tim asuhannya terkendala persiapan yang mepet karena sebagian besar pemainnya disibukan dengan ujian di sekolah masing-masing.

"Pemain kami sebagian besar pelajar, mereka sibuk ujian di sekolah. Persiapan tim kurang baik dibanding Indonesia, namun kami sudah siapkan strategi untuk mengatasi lawan pertama," kata Salim.

Pada kesempatan itu, Timnas Singapura berharap tidak turun hujan sehingga penampilan timnya bisa maksimal.

"Kendala bagi kami suhu pertandingan besok yang kemungkinan panas, diharapkan tidak ada hujan sehingga pemain bisa menunjukkan pemain terbaiknya," katanya.

Sementara itu, duel Timnas Indonesia lawan Singapura yang akan disaksikan oleh Menpora Andi Malarangeng dan Menpan EE Mangindaan diprediksi berlangsung seru karena masing-masing ngotot untuk meraih kemenangan pertama pada laga perdana.(*)

Pewarta: mansy
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009