Valencia (ANTARA News) - Pembalap Australia Casey Stoner mencatat waktu tercepat dalam sesi latihan bebas Jumat, untuk lomba putaran terakhir MotoGP Grand Prix Valencia, Minggu.

Pembalap Ducati itu mencatat waktu satu menit 32,813 detik, mengungguli pembalap Spanyol Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa, sementara juara dunia Valentino Rossi di urutan keempat.

Stoner, yang memenangi dua seri GP sebelumnya setelah absen tiga seri karena kelelahan, tahun lalu juga mendomintasi GP Valencia ini.Ketika itu yang start pertama, mencetak rekor putaran dan menjadi juara.Tahun ini ia kemungkinan bakal mengulang suksesnya di tahun 2008.

"Apakah saya menang atau kalah, lomba ini ini akan mengubah hasil kejuaraan dunia musim ini, tapi setidaknya saya ingin menyelesaikan tahun ini dengan hasil yang bagus," kata Stoner yang kini di urutan tiga klasemen kejuaraan dunia.

Sementara itu Rossi tidak ada beban lagi di GP Valencia ini setelah ia memastikan gelar juara dunia pada saat GP Malaysia yang dilanda hujan dua pekan lalu.

"Senang berlomba disini sebagai seorang juara dunia dan tanpa perlu lagi memikirkan poin yang harus diraih," kata pembalap Italia itu yang hari Minggu ini akan mencoba motor Yamaha barunya.

Di kelas 125cc gelar juara sudah pasti diraih oleh pembalap Spanyol Julian Simon, sementara di 250cc gelar juara masih dalam perebutan.

Sementara pembalap Jepang Hiroshi Aoyama memimpin 21 poin di atas Marco Simoncelli dari Italia.(*)

Pewarta: ricka
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009