Samarinda (ANTARA News) - Tuan rumah Persisam Putra Samarinda mengalahkan tamunya Persiba Balikpapan 2-1 (1-1) pada pertandingan sesama tim Kalimantan Timur di Stadion Utama Kaltim, Minggu.

Pertandingan kedua tim berlangsung menarik karena baik tim besutan Aji Santoso maupun Hariyadi bermain terbuka dan saling menyerang dengan tempo yang cepat dan keras.

Persiba Balikpapan lebih dulu mencetak gol melalui Julio Lopez dengan tendangan jarak jauh pada menit keempat 38 menit kemudian, tim tuan rumah Persisam menyamakan kedudukan 1-1 melalui gol Tsimy Joel pada menit ke-40.

Tsimy memanfaatkan kemelut di depan gawang Persiba yang dikawal I Made Irawan dan mengubah kedudukan menjadi 1-1 hingga peluit babak pertama dibunyikan oleh wasit Hex Suherlan.

Strategi Aji menurunkan tiga penyerang Pipat Tonkaya, Zaenal Arif dan Agung Suprayogi pada babak kedua rupanya cukup jitu dan bisa menjadi penentu kemenangan tuan rumah Persisam Putra, meskipun gol kemenangan persisam diciptakan oleh Hamka Hamzah yang berposisi sebagai pemain belakang.

Hamka berhasil memanfaatkan umpan tarik Pipat Tonkaya, melalui serangan balik pada menit 86. Gol Hamka ini sekaligus memupuskan harapan Persiba yang bertekad mencuri angka pada pertandingan tersebut.

"Tidak ada pilihan lain kami memang ingin menerapkan strategi menyerang sehingga tiga striker kita turunkan sekaligus pada babak kedua. Hamka akhirnya bisa memecahkan kebuntuan dan akhirnya Persisam bisa memenangkan pertandingan,"kata pelatih Persisam Aji Santoso.

Mantan pelatih Persik Kediri menilai Persiba merupakan tim yang bagus dan sulit untuk dikalahkan.

"Semua pemain Persiba punya kualitas, apalagi lima pemain asingnya, semuanya punya kemampuan yang bagus, beruntung kami bisa memenangi pertandingan malam ini," kata Aji.

Sementara itu, pelatih Persiba Hariadi menilai permainan kedua tim sama-sama bagus hanya saja faktor keberuntungan masih berpihak kepada tuan rumah.

"Peluang yang diciptakan pemain kami cukup banyak, hanya saja tidak semua bisa menjadi gol. Saya akui pertandingan malam ini sangat menarik dan berlangsung seru, yang pasti pemain kami sudah menampilkan kemampuan terbaiknya meski hasil kurang memuaskan,"kata Hariadi.

Pertandingan malam itu sempat diwarnai padamnya lampu Stadion Utama Kaltim hampir selama 20 menit, mulai dari menit kelima sesaat setelah terjadinya gol dari Julio Lopez.(*)

Pewarta: luki
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009