Jakarta, 12/11 (ANTARA) - Direktur Produksi Pariwisata Ditjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Depbudpar Achyaruddin mengatakan, pengembangan koridor ekowisata Tambora-Ruteng di wilayah NTT dan NTB diharapkan akan menjadi kekuatan baru pariwisata di wilayah Timur Indonesia.

     Menurut Achyaruddin,  kawasan ekowisata tersebut akan dikembangkan secara berkelanjutan sehingga diharapkan dalam lima tahun ke depan akan berkembang menjadi destinasi unggulan yang dapat mendatangkan banyak wisatawan.

     "Kita optimis destinasi pariwisata Tambora-Ruteng akan berkembang dalam lima  tahun mendatang dan mampu menarik wisman dalam jumlah yang signifikan," kata Achyaruddin dalam  lokakarya Pengembangan Koridor Ekowisata Tambora-Ruteng di Jakarta, Rabu (11/11).

     Dikatakan, kawasan koridor ekowisata Tambora-Ruteng sangat terbuka untuk investasi perhotelan, restoran dan transportasi dan pemerintah pusat dan daerah  akan kooperatif dalam merealisasikan destinasi pariwisata Tambora-Ruteng. "Kita akan diekspose besar-besaran untuk menarik minat wisatawan, sehingga kawasan ini menjadi destinasi andalan," katanya.

     Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Nusa Tenggara Barat (NTB) pada tahun 2008 sebanyak 350.000 orang dan diproyeksikan tahun 2012 akan meningkat mencapai 1 juta orang.

     Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi Surya Dharma, Kepala Pusat Penerangan dan Humas, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata

 


Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2009