Singapura (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong melakukan pertemuan dwipihak di Istana, Singapura, Kamis malam.

Pertemuan yang dilakukan selama lebih kurang 45 menit itu dilakukan Presiden Yudhoyono seusai melakukan kunjungan kenegaraan terhadap Presiden Singapura SR Nathan di tempat yang sama.

Kunjungan kenegaraan ke Singapura kali ini adalah yang pertama dilakukan Presiden Yudhoyono di masa jabatannya yang kedua dan merupakan kunjungan kenegaraan kedua setelah Presiden dilantik. Kunjungan kenegaraan dilakukan ke Malaysia.

Selain melakukan kunjungan kenegaraan kepada Presiden Singapura, Presiden Yudhoyono juga melakukan pertemuan dengan Minister Mentor Lee Kuan Yew sebelum bertemu dengan Perdana Menteri Lee Hsien Loong.

Sejumlah agenda mengenai penguatan hubungan kerjasama antara Indonesia-Singapura yang menjadi agenda pertemuan dwipihak tersebut, antara lain penguatan kerjasama penanganan terorisme, mengatasi perubahan lingkungan dan pencegahan penyakit menular.

Seusai melakukan pertemuan dwipihak, Perdana Menteri Lee Hsien Loong kemudian menjamu Presiden Yudhoyono dalam suatu jamuan makan malam pada pukul 20.30 waktu setempat.

Jamuan makan malam itu dilakukan di salah satu ruangan dalam Istana yang tidak terlalu luas karena hanya berisi empat buah meja. Tiga buah meja kecil dengan kapasitas sepuluh orang yang berisi para staf Departemen Luar Negeri masing-masing negara dan para pendamping.
Sedangkan satu meja utama berisi seluruh rombongan Presiden Yudhoyono --Presiden dan para menteri Kabinet Indonesia Bersatu-- dan para timpalannya dari Singapura.

Presiden yang malam itu mengenakan setelan jas berwarna hitam duduk diapit oleh Perdana Menteri Lee Hsien Loong dan mantan Perdana Menteri Goh Chok Tong.

Turut hadir dalam jamuan itu adalah Ibu Ani Yudhoyono dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu antara lain Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menteri Perindustrian M. Hidayat, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng dan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro.

Presiden Yudhoyono dijadwalkan melakukan kunjungan kerja selama empat hari di Singapura, 12-16 November. Pada 12 November melakukan kunjungan kenegaraan ke Singapura dan tiga hari yang terakhir mengikuti rangkaian pertemuan puncak Forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC).

Di sela-sela pertemuan itu Presiden Yudhoyono juga dijadwalkan melakukan sejumlah pertemuan dwipihak dengan beberapa kepala negara sahabat antara lain Presiden China Hu Jintao dan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.(*)

Pewarta: mansy
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009