Kopenhagen (ANTARA News/Reuters) - Denmark secara resmi mengundang para pemimpin negara anggota Perserikatan Bangsa-bangsa ke konferensi PBB di Kopenhagen, Desember, untuk menandatangani perjanjian global mengenai iklim, demikian pemerintah Denmark, Kamis.

"Undangan itu telah dikirim dengan surat dari Perdana Menteri Lars Lokke Rasmussen kepada 191 kepala negara dan pemerintah anggota PBB lainnya," bunyi pernyataan pemerintah Denmark itu.

Bagian konferensi untuk para kepala negara dan pemerintah akan berada di dua hari terakhir konferesi itu, meskipun seorang jurubicara pemerintah menyatakan para pemimpin tersebut akan disambut baik jika mereka ingin datang lebih awal.

Pembicaraan Kopenhagen pada awalnya ditujukan untuk para pemteri lingkungan dan iklim tapi PBB mengatakan pekan lalu bahwa sekitar 40 pemimpin telah mengindikasikan akan hadir, termasuk PM Inggris Gordon Brown dan para pemimpin negara Afrika, Karibea dan Amerika Latin.

Presiden AS Barack Obama juga telah menyatakan akan Kopenhagen jika kehadirannya bisa menjamin perjanjian dimaksud, sementara Kanselir Jerman Angela Merkel Selasa lalu telah memberikan isyarat untuk juga mendatangi konferensi itu. (*)

Pewarta: mansy
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009