Kudus (ANTARA News) - Angin puting beliung yang terjadi Jumat sore sekitar pukul 16:30 WIB, menyebabkan satu bangunan gudang roboh dan 56 rumah yang tersebar di tiga desa, di Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, rusak.

"Adapun rumah warga yang mengalami kerusakan, yakni di Desa Papringan sebanyak tujuh rumah, Desa Blimbing 10 rumah, dan Desa Sidorekso 40 rumah," kata Camat Kaliwungu Eko Dwi Djatmiko, di Kudus.

Sebagian besar rumah yang terkena puting beliung itu rusak pada bagian atapnya. "Namun, tidak ada rumah warga yang roboh. Kalaupun ada bangunan yang roboh, hanya gudang milik warga di Desa Sidorekso," ujarnya.

Meskipun jumlah rumah warga yang rusak cukup banyak, tidak ditemukan adanya korban jiwa. "Berdasarkan hasil pengecekan di lokasi memang tidak ditemukan adanya korban jiwa," ujarnya.

Hujan Es

Selain terjadi angin puting beliung, katanya, di Desa Gamong terjadi hujan es. "Sampai saat ini, peristiwa langka terjadi hujan es ini tidak menimbulkan korban jiwa atau menyebabkan kerusakan pada rumah warga," ujarnya.

Atas kejadian tersebut, sejumlah warga dibantu Satgas Kecamatan Kaliwungu dan Kesbangpolinmas Kudus memperbaiki atap rumah warga yang rusak dan membersihkan sejumlah genting yang berserakan.

"Saat ini, upaya perbaikan rumah warga yang rusak dan pembersihan genting rumah yang berserakan masih berlangsung," ujarnya.

Adapun jumlah kerugian material yang dialami warga diperkirakan mencapai Rp150 juta lebih. "Tetapi, jumlah kerugian ini masih bisa bertambah, mengingat pengecekan kerusakan rumah warga di lokasi masih dilakukan," ujarnya.

"Untuk meringankan beban warga, kami akan mengupayakan adanya bantuan dari Pemkab Kudus terhadap rumah warga yang mengalami kerusakan," ujarnya.
(*)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009