Washington (ANTARA News)- Pemerintah Obama sedang mempertimbangkan pemindahan sejumlah tahanan Guantanamo ke penjara yang sebagian besar kosong di negara bagian Illinois, kampung halaman presiden Amerika Serikat itu, kata laporan media AS, Sabtu, seperti dilaporkan AFP.

Fasilitas Penjara Thomson (TCF), sebuah penjara yang dijaga ketat terletak sekitar 240km barat Chicago, Illinois, muncul sebagai "Opsi utama" pemerintah untuk menampung para tersangka teror, kata surat kabar Chicago Tribune.

Stasiun televisi CNN melaporkan para pejabat senior dari departemen-departemen pertahanan, kehakiman dan dalam negeri bersama dengan Gubernur Illinois Pat Quinn akan mengunjungi penjara yang memiliki 1.600 sel itu, Senin.

Berita-berita itu muncul sehari setelah pemerintah Presiden Barack Obama mengumumkan akan mengadili lima tersangka anggota komplotan yang terlibat serangan 11 September 2001-- termasuk yang mengaku dalang serangan itu Khalid Sheikh Mohammed-- di pengadilan sipil Kota New York, hanya beberapa langkah jauhnya dari lokasi tindak kejahatan yang mereka lakukan.

Dalam satu kecaman yang keras tentang rencana penjara itu,anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari partai Republik Mark Kirk mendesak Gedung Putih "mengutamakan keselamatan dan keamanan keluarga Illinois dan mencegah setiap rencana untuk memindahkan para anggota Al Qaida ke negara bagian kami."

Di antara para pejabat yang menurut rencana akan mengunjungi pusat penahanan itu adalah wakil-wakil dari Biro Kepenjaraan federal, yang akan membeli lokasi itu jika dipilih dan menyewa sebagian dari nya untuk Departemen Pertahanan untuk menampung para tahanan Guantanamo, kata CNN mengutip seorang pejabat pemerintah.

"Jika pemerintah anda memindahkan para tahanan Al Qaida ke Illinois, negara bagian kami dan daerah metropolitan Chicago akan menjadi tempat bagi komplotan teroris melakukan pengrekrutan dan radikalisasi," kata Kirk , seorang kandidat Senat dalam sepucuk surat kepada Obama yang diedarkan di kalangan para anggota DPR dan para pejabat.

Quin dalam sebuah pernyataan menegaskan bahwa "prioritas utamanya adalah keselamatan dan keamanan publik, satu masalah yang akan menjadi bagian penting dari setiap diskusi mendatang dengan dengan pihak berwenang penjara federal menyangkut fasilitas Thomson itu."

Tetapi tindakan itu akan juga memerlukan dana yang lebih besar untuk daerah Illinois ini.

Pembelian penjara oleh pemerintah itu dapat menampung sekitar 2.340 sampai 3.250 lapangan kerja langsung dan tidak langsung, dengan keuntungan ekonomi bagi wilayah itu antara 790 juta dolar sampai 1,1 miliar dolar dalam empat tahun, kata satu analisis pemerintah yang dikutip surat kabar Quad-City Times.

Analisis itu memperkirakan tingkat pengangguran di Caroll County, lokasi penjara itu dapat berkurang separuh.

"Penjara itu akan membantu bisnis di sini dan Tuhan tahu kami dapat menggunakan itu, kata penduduk Thomson Kay Lawton kepada Tribune. "Tidak masalah bagi saya siapapun yang mereka bawa ke sini."

Sekitar 215 tahanan masih tetap berada di Guantanamo, pangkalan angkat laut AS di Kuba selatan.(*)

Pewarta: handr
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009