Jakarta, 17/11 (ANTARA) - Departemen Kehutanan (c.q Badan Litbang Kehutanan) akan menyelenggarakan Gelar Teknologi, pada 18-20 November 2009, bertempat di Lobby Gedung Manggala Wanabakti, Dephut, Jakarta. Ada tiga kegiatan utama dalam gelar teknologi tersebut, yaitu pameran, talkshow serta seminar. Acara yang akan dibuka oleh Menteri Kehutanan tersebut, dihadiri para anggota Board of Trustee CIFOR dari 12 negara. Pada acara pembukaan akan dilakukan peluncuran buku, pemberian penghargaan kepada peneliti berprestasi, dan pendeklarasian Forum Litbang Kehutanan atau FORDEF.

     Gelar Teknologi dimaksudkan sebagai ajang yang menyambungkan antara penghasil teknologi (litbang) dengan calon-calon pengguna, baik pembuat kebijakan maupun praktisi. Selain itu juga sebagai wahana bagi penyelenggara litbang untuk memperoleh masukan guna menyempurnakan penyelenggaraan litbang di waktu mendatang.

     Pameran menampilkan berbagai informasi dan teknologi terbaru mulai dari informasi dasar hingga terapan. Talkshow akan mengangkat 4 topik, yaitu: rehabilitasi lahan bekas tambang batubara, mitigasi banjir, energi alternatif (biofuel dan micro hydro), dan pengawetan kayu Seminar juga akan mengangkat 4 topik, yaitu perubahan iklim, teknologi kayu, silvikultur atau budidaya hutan, dan social forestry. Akan disampaikan pula paper mengenai penggunaan DNA Marker dalam upaya pengatasan illegal timber trade.

     Gelar Teknologi diharapkan akan meningkatkan apresiasi khalayak mengenai posisi krusial teknologi dalam upaya meraih kemajuan dan masa depan yang lebih baik. Tidak ada negara di dunia yang maju tanpa dukungan riset dan teknologi. Indonesia akan semakin tertinggal bila terus memarginalkan pencarian teknologi.

     Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi Masyhud, Kepala Pusat Informasi Kehutanan, Departemen Kehutanan

     Note : Hasil pengujian biodiesel Nyamplung oleh Badan Litbang Kehutanan menghasilkan : (1) seluruh parameter kualitas telah sesuai dengan kualifikasi biodiesel menurut SNI 04-7182-2006 dengan rendemen konversi asam lemak bebas (FFA) menjadi metil ester 97,8%,
(2) uji kelayakan atas kinerja permesinan, biodiesel Nyamplung dapat digunakan untuk kendaraan bermotor (otomotif) sebesar 100%, tanpa campuran solar (B 100), (3) dari segi lingkungan, biodiesel Nyamplung bebas dari polutan (green solar)


Pewarta: prwir
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2009