Martapura (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel) terus berupaya mempersiapkan aparatur pemerintah yang handal dan mampu mengatasi berbagai persoalan kemasyarakatan dengan cepat dan tepat.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah memberikan pembelajaran melalui Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) yang memiliki urgensi strategis dalam misi pelayanan tugas pemerintahan sekaligus membantu pengembangan karier aparatur bersangkutan di masa mendatang.

"Melalui Diklatpim, Pemkab ingin menciptakan kompetensi aparatur dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara benar dan mencapai sasaran pelayanan yang prima terhadap masyarakat," ujar Wakil Bupati Banjar, Khatim Salman saat menutup Diklatpim IV angkatan VIII tahun 2009 di Martapura seperti dilaporkan, Rabu.

Ia mengatakan, setiap peserta Diklatpim harus menyadari bahwa substansi yang diterima menuntut kesadaran untuk dapat memproyeksikan diri dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia yang handal dan sangat dibutuhkan bagi pelaksanaan otonomi daerah.

"Melalui pengembangan sumber daya manusia yang handal diharapkan mampu meningkatkan upaya pelayanan publik seiring perkembangan dinamika masyarakat sehingga seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Banjar mendapatkan pelayanan publik yang baik dan prima," ungkapnya .

Dikatakan, konsekuensi desentralisasi dalam sistem pemerintahan di daerah, berdampak pada bergulirnya deregulasi pemerintah yang harus menyesuaikan dengan arah kebijakan optimalisasi pengembangan potensi daerah.

"Guna menjalankan kebijakan itu, jelas memerlukan dukungan sumber daya aparatur yang handal dan profesional dalam sistem pemerintahan dan pelayanan publik," ujarnya.

Lebih jauh ia mengingatkan, di era globalisasi seperti sekarang ditandai berbagai kondisi yang sangat kompetitif, menuntut kemampuan aparat untuk mampu mengatasi berbagai persoalan di tengah masyarakat secara cepat dan tepat.

Seorang aparatur negara dituntut proaktif,gesit dan tanggap terhadap setiap permasalahan yang dihadapi masyarakat dan mampu menyelesaikannya secara arif dan bijaksana," kata dia.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Banjar, Gusti Yuhari Budiman, melaporkan, kegiatan Diklatpim IV angkatan ke VIII tahun 2009 dilaksanakan selama 43 hari sejak tanggal 6 oktober hingga 17 Nopember 2009 dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang.

Diklatpim bertujuan membentuk kepribadian dan disiplin peserta dengan memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan administrasi dasar, sehingga mampu menggali kedudukan organisasi dan peran instansi masing-masing dalam pemerintahan serta mampu melaksanakan tugas dinasnya secara baik dan benar.(*)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009