Jakarta, (ANTARA News) - Wilayah Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) bagian selatan pada Rabu ini berpotensi diguyur hujan berintensitas sedang hingga lebat.

Berdasarkan keterangan dari Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Jakarta, Rabu, warga diimbau waspada terhadap potensi hujan sedang terkadang lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat terutama di wilayah selatan Jabodetabek.

Di ibukota, seluruh wilayah Jakarta diperkirakan akan diterpa hujan pada waktu siang hari.

Pada waktu malam hari, diprediksi hanya Jakarta Selatan dan Jakarta Barat yang diguyur hujan. Sedangkan Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Jakarta Timur diperkirakan berawan pada malam hari.

Sementara itu, daerah Bogor di Jawa Barat dan Tangerang di Banten diprediksi akan turun hujan baik pada siang maupun malam hari.

Sedangkan di daerah Bekasi, kondisinya diprediksi berawan pada siang hari dan hujan pada malam hari. Di Depok, hujan diperkirakan akan hujan pada siang hari dan berawan pada malam hari.

Sebelumnya, BMKG juga menginformasikan, potensi hujan petir disertai angin kencang diperkirakan akan terjadi di sejumlah wilayah di Tanah Air pada tanggal 17 hingga 19 November 2009.

Hal tersebut karena adanya aktivitas daerah tekanan rendah di Laut China Selatan dan perairan sebelah utara Maluku.

Sedangkan suhu muka laut di perairan Indonesia masih cukup hangat sehingga memberikan suplai air yang cukup bagi wilayah-wilayah di sekitarnya.

Sementara itu, tingkat kelembaban udara di sebagian besar wilayah Indonesia lebih dari 60 persen sehingga memberikan peluang bagi pertumbuhan awan hujan terutama di wilayah Indonesia bagian Barat, Utara, dan Tengah.(*)

Pewarta: wibow
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009