London (ANTARA News/AFP) - Euro naik terhadap dolar pada Rabu waktu setempat, dengan selera investor untuk unit Eropa berisiko meningkatnya di tengah tanda-tanda bahwa pemerintah akan terus mempertahankan rencana stimulus ekonomi skala besar di tempatnya untuk saat ini.

Dalam perdagangan sore di London, euro telah berjalan pada 1,4989 dolar, dibandingkan dengan 1,4873 akhir Selasa di New York.

Euro naik terhadap unit Jepang, naik ke 133,97 yen dari 132,76 yen pada akhir Selasa, sementara dolar naik ke 89,37 yen dari 89,25 yen.

Euro juga didorong oleh kenaikan baru-baru ini pasar saham dan peningkatan harga bahan baku, khususnya emas dan minyak, kata para analis.

Emas mencapai rekor puncak 1.152,85 dolar per ons dalam perdagangan di London Bullion Market setelah mencapai serangkaian puncak baru dalam beberapa minggu.

Pelemahan greenback membuat harga aset berdenominasi dolar seperti emas lebih murah bagi pembeli yang menggunakan mata uang kuat, cenderung untuk merangsang permintaan terhadap mereka.

Pedagang mengatakan dolar secara keseluruhan bernada lemah tetapi utuh berkat prospek suku bunga US yang rendah yang tersisa untuk beberapa waktu.

"Tren dasar pasar untuk dolar yang lemah tidak berubah," kata Hideaki Inoue, kepala manajer valuta asing di Mitsubishi UFJ Trust dan Banking Corp

"The Fed telah mengisyaratkan bahwa hal itu akan menjaga tingkat suku bunga rendah untuk sementara waktu."

Greenback telah melemah terus terhadap euro dalam beberapa bulan terakhir karena Federal Reserve, bank sentral AS, telah mempertahankan suku bunga mendekati nol.

Kepala Bank Sentral Eropa Jean-Claude Trichet pada Selasa bergabung dengan mitranya AS dalam menyuarakan dukungan untuk dolar yang lebih kuat.

"Kekuatan dolar ... bukan hanya dalam kepentingan Amerika

Serikat tetapi seluruh masyarakat internasional juga," Trichet mengatakan kepada koran Prancis.

Keterangannya menyusul komentar kepala Fed Ben Bernanke pada Senin, ketika ia menekankan pentingnya penguatan dolar.

Mata uang AS sedang digunakan oleh investor untuk apa yang disebut "carry trade" membawa perdagangan dimana mereka meminjam uang dolar pada tingkat rendah untuk berinvestasi di aset yang lebih tinggi-menghasilkan luar negeri, meningkatkan tekanan pada dolar.

Di tempat lain pada Rabu, poundsterling Inggris maju terhadap dolar karena mencerna berita bahwa Bank of England pembuat kebijakan tersebut dibagi tiga cara keputusan baru-baru ini mereka untuk memompa lebih banyak uang baru ke dalam ekonomi yang terpukul resesi.

BoE setuju awal bulan ini untuk memompa keluar sebanyak 25 miliar pound (28 miliar euro, 42 miliar dolar AS) tunai segar -- langkah yang didukung oleh tujuh dari sembilan pembuat kebijakan -- termasuk gubernur bank Mervyn King.

Di London pada Rabu 1,4873 dolar akhir Selasa, pada 133,97 yen (132,76), 0,8947 pound (0,8848) dan 1,5111 franc Swiss (1,5112).

Dolar berdiri di 89,37 yen (89,25) dan 1,0081 franc Swiss (1,0157).

Pound berada pada 1,6752 dolar (1,6808).

Di London Bullion Market, harga emas ditutup pada 1.149,00 dolar ons dari 1.134,75 dolar per ons Selasa malam.(*)

Pewarta: mansy
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009