Jakarta (ANTARA News) - Para juri Festival Film Indonesia 2009 telah merampungkan proses awal penjurian dan kini mulai menentukan daftar nominasi, yang pengumumannya akan dilangsungkan di Kota Batu, Jawa Timur, pada 6 Desember 2009, kata Koordinator FFI Ilham Bintang di Jakarta, Sabtu.

"Ada 13 unsur film yang akan diumumkan nominasinya, mulai film terbaik, pemain terbaik hingga penata editing terbaik," papar Ilham Bintang kepada ANTARA melalui.

Untuk pertama kali dalam FFI, pengumuman nominasi diadakan di luar Jakarta. "Biasanya, walau pun malam puncak FFI diadakan di daerah, pengumuman nominasi diadakan di Jakarta," katanya.

Menurut dia, pengumuman nominasi itu diadakan di lapangan terbuka di Kota Batu, yang acaranya disiarkan secara langsung melalui program Dahsyatnya Nominasi FFI oleh stasiun televisi RCTI, pada Minggu, 6 Desember, mulai pukul 13.00 WIB.

Panggung terbuka tersebut, menurut Ilham, sekaligus menjadi arena hiburan rakyat, apalagi pemerintah daerah setempat menyambut perhelatan itu dengan berbagai kegiatan, mulai dari seminar dan kirab artis, mulai 29 November.

Daftar nominasi yang akan diumumkan di Museum Satwa di Kota Wisata Batu itu terdiri atas film terbaik, sutradara terbaik, penata kamera terbaik, penulis skenario asli terbaik, penulis skenario adaptasi terbaik, penata musik terbaik, penata suara terbaik, penata editing terbaik, penata artistik terbaik, pemain pria terbaik, pemain wanita terbaik, pemain pendukung pria terbaik, dan pendukung wanita terbaik.

FFI 2009 diiukuti 118 film, terdiri atas 40 judul film bioskop, 38 judul film dokumenter, dan 40 judul film pendek. Pengumuman pemenang, atau Malam Anugerah Citra, akan berlangsung di Hall D Kemayoran, Jakarta, pada 16 Desember.

Dewan juri film bioskop terdiri atas Alex Kumara, Eduard Pesta Sirait, El Manik, Franky Raden, German Mintapradja, Indra Yudistira, dan Totot Indiarto.

Dewan juri film dokumenter terdiri atas Fajrian Hamdi, Iwan Wahab, Marselli Sumarno, Roy Lolang, serta Yudi Datau, sedangkan dewan juri film pendek yaitu Agni Ariatama, Ainun Ridho, Firman Triyadi, Hadi Artomo dan Hardo Sukoyo.

FFI 2009 diselenggakaran oleh Komite Festival Film Indonesia yang dibentuk Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI lewat surat keputusan tertanggal 11 Agustus 2009.

Komite FFI diketuai Niniek L Karim dengan tiga koordinator yaitu Arya Gunawan sebagai Koordinator Festival Film Luar Negeri, Ilham Bintang Koordinator FFI, dan Labes Widar Koordinator Bidang Umum. (*)

Pewarta: jafar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009