Bandung (ANTARA News) - Pemimpin Redaksi Kantor Berita Republik Rakyat China Xinhua, He Ping, Sabtu, mengungkapkan perasaannya bahwa dia masih dapat merasakan semangat atau spirit Konferensi Asia Afrika hingga saat ini.

"Walaupun Konferensi Asia Afrika sudah lama berlalu, tapi semangat atau spiritnya masih ada sampai sekarang," kata He Ping, usai mengunjungi Museum Konfersensi Asia Afrika, di Jalan Asia Afrika No65 Bandung, Sabtu.

He Ping menuturkan, selain untuk memperkokoh kerjasama dengan Perum LKBN ANTARA, tujuan kunjungan ke Museum Konferensi Asia Afrika adalah merasakan kembali semangat yang terjalin diantara negara-negara pencetus konferensi Asia Afrika.

DHe Ping juga akan melihat keadaan sosial, ekonomi, politik, hukum dan budaya Indonesia. "Ekonomi Indonesia saat ini sudah berkembangan sangat baik," ujar Hei Ping.

Hei juga menyampaikan kekagumannya kepada masyarakat Indonesia yang terkenal dengan keramahannya.

"Selama kami berada di sini, kami bisa merasakan sikap ramah dan kehangatan orang Indonesia. Rakyat Indonesia sangat bersahabat." ujarnya.

Kantor Berita Cina, Xinhua berdiri sejak tahun 1930 dan merupakan satu-satunya kantor berita di negeri Tirai Bambu. Kini, Xinhua memiliki 120 perwakilan di seluruh dunia dengan lebih kurang 10 ribu orang pegawai dan wartawan, termasuk Xin Hua perwakilan Jakarta dengan lima wartawan.

Setiap hari, lebih dari 1.000 berita dan 350 foto dari seluruh perwakilan Xinhua di dunia dikirim ke kantor pusat Xinhua di Beijing dan Hongkong.

Sementara LKBN ANTARA yang merupakan kantor berita yang usianya cukup tua dan berdiri pada 1937, melayani lebih dari 300 media cetak dan 65 media elektronik. (*)

Pewarta: mansy
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2009