Balikpapan (ANTARA News) - Tuan rumah Persiba unggul 2 - 0 atas Persija saat pertandingan kompetisi Indonesia Super League (ISL) dilaksanakan di lapangan Persiba Balikpapan, Sabtu malam.

Gol kemenangan Persiba seluruhnya dicetak oleh Park Jung Kwan (88), pemain asal Korea Selatan (Korsel) yang baru .

Park mencetak dua gol untuk Persiba pada menit ke- 75 dan 88 babak kedua, dengan menerobos gawang Persija yang dijaga oleh penjaga gawang M Yasin (31).

Pemain asal Korsel tersebut baru diturunkan pada pertandingan babak kedua melawan Persija, setelah mengantikan Ferry Aryawan (31), sebagai pemain depan.

Pada pertandingan di babak pertama , tuan rumah Persiba tidak mampu menerobos gawang tim tamu, sehingga keadaan imbang 0 - 0.

Bahkan, sebaliknya pertahanan Persiba yang dijaga oleh penjaga gawang I Made Wirawan (15), beberapa kali diserang oleh tim Persija.

Pertandingan yang dipimpin oleh wasit Ole Hadi asal Semarang pada pertandingan kali ini mengeluarkan empat kartu kuning untuk kedua tim tersebut.

Pemain Persiba yang memperoleh peringatan kartu kuning adalah Hendro Siswanto (12) pada menit ke- 63 dan Gendut Doni (8) di menit ke- 84, sementara itu dari pemain Persija adalah Asanda Herman (4) pada menit ke- 25 dan Rully Soputan (5) pada menit ke- 84.

Pelatih Persiba, Hariyadi mengatakan sangat senang atas kemenangan tim asuhannya, meskipun pertahanan tim Persija cukup kuat terutama pada babak pertama.

"Pada babak pertama itulah kami sangat susah memperoleh angka, karena Persija juga bermain bagus dalam pertahanannya dan juga menyerang," kata Hariyadi.

Mengenai dua gol yang diraih Persiba seluruhnya dari Park Jung Kwan, pelatih Persiba mengatakan bahwa pemain Korsel itu memperlihatkan prestasinya kepada tim.

"Park Jung Kwan meskipun pemain yang baru bergabung dengan Persiba, sudah mampu beradaptasi dan memiliki potensi pemain sebagai pemain masa depan," ujarnya.

Sementara itu, Pelatih Persija, Maman Suryaman mengatakan bahwa secara teknik permainan anak asuhnya dengan tim Persiba imbang tetapi para pemainnya banyak mengalami kelelahan.

Selain itu, beberapa pemain yang masuk dalam tim nasional seperti Mushafry mengalami kelelahan, namun dia tetap optimis untuk mampu bermain baik, kata Maman.

"Hanya saja mental anak asuh saya down pada babak kedua lantaran wasit menganulir gol yang Persija cetak," ujarnya.

Wasit Ole Hadi menganulir gol yang dicetak oleh pemain Persija, Aliyudin (15) pada menit ke 55 babak kedua.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009