Tasikmalaya (ANTARA News) - Ledakan tabung gas berat isi 3 kg yang menimbulkan kobaran api nyaris membakar rumah pemilik tabung gas warga kampung Bantar, Rt 05 Rw 02, kelurahan Argasari, Kecamatan Cihideung, kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu sore.

Menurut keterangan pemilik rumah sekaligus korban ledakan tabung gas Alih, mengatakan peristiwa ledakan tabung gas tejadi di dapur miliknya.

Ia menerangkan saat akan membuka pentil tabung gas untuk dimasukan pada selang kompor gas tiba-tiba meledak dan menimbulkan kobaran api hingga menutupi ruangan dapur berukuran 4x5 meter.

"Saya kaget tiba-tiba tabung gas itu meledak," katanya.

Ia menerangkan saat tabung gas akan disambungkan ke kompor gas dengan selang, disampingnya sedang memasak dengan kompor minyak tanah hingga api dari kompor menyambar pada tabung gas.

Beruntung tabung gas yang masih mengeluarkan api dilempar Alih keluar halaman rumah dan segera meminta tolong warga setempat untuk memadamkan api yang muncul dari tabung gas serta memadamkan api yang menyala di dapur.

"Untungnya dapur dekat keluar rumah, saat itu saya lempar keluar dan warga pada datang lalu memadamkan api," katanya.

Sementara itu peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka-luka bakar pada korban, namun korban mengaku masih shock akibat kejadian yang baru kali pertama dialaminya.

Peristiwa tersebut kata Alih menyebabkan warga tetangganya panik melihat semburan api yang muncul dari tabung gas dan menyelimuti dapur.

Ia mengaku peristiwa tersebut nyaris saja membakar rumahnya kalau tabung gas tidak secepatnya dibuang keluar rumah, karena api dari tabung gas tersebut terus menyembur.

"Untungnya saya buang keluar, dan warga membantu memadamkan api, kalau tidak mungkin rumah saya dilalap api," katanya.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009