Bandung (ANTARA News) - Tim "Maung Bandung" Persib secara dramatis mengalahkan Pelita Jaya Jabar 2-1 (0-0) pada lanjutan Kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) 2009-2010 di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Jabar, Sabtu.

Striker asal Brasil, Hilton Moriera menjadi penentu kemenangan Persib melalui gol yang tercipta dari tembakan langsung pada menit ke-77.

Pelita Jaya sendiri sempat unggul lebih dulu melalui gol yang dicetak oleh striker asal Kolumbia, Fonseca pada menit ke-58 babak kedua. Namun gelandang anyar Persib asal Thailand, Sunchao Nuthnum menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah mencetak gol pada menit ke-65.

Sementara itu sebuah peluang penalti yang diperoleh tim Maung Bandung pada menit ke-30 babak pertama gagal membuahkan gol. Tembakan striker Christian Gonzales yang bertindak sebagai algojo membentur tiang gawang kanan Pelita yang dikawal Dian Agus Prasetyo.

Sekitar 30.000 bobotoh Persib sempat dibuat ketar ketir ketika tertingga 0-1, namun supporter fanatik Persib itu mulai percaya diri ketika tim asuhan Jaya Hartono mampu mencetak gol balasan dan akhirnya berpesta setelah timnya unggul 1-2.

Kemenangan "Maung Bandung" disambut pesta kembang api dan aplaus oleh bobotoh Bandung yang memenuhi Stadion Si Jalak Harupat.

Pertandingan yang dipimpin wasit Jimmy Napitupulu dari Jakarta berlangsung dalam tempo sedang di atas lapangan basah akibat hujan yang mengguyur sejak babak pertama.

Kemenangan dari Pelita Jaya, merupakan kemenangan pertama Persib Bandung di ajang Liga Super Indonesia (LSI) sekaligus mengamankan posisi Jaya Hartono dari posisi kepelatihan tim Bandung itu.

Kemenangan itu sebagai awal kebangkitan Persib setelah kalah pada dua pertandingan awal di ajang LSI dari Persiba Balikpapan 0-2 dan kalah 1-2 dari PSM.

Tim Persib tampil buruk pada babak pertama. Koordinasi antar lini tim Bandung itu tak berjalan. Padahal Persib memasang tiga striker sekaligus Hilton Moriera, Christian Gonzalez dan Budi Sudarsono.

Justeru beberapa kali penyerang Pelita, Fonseca dan Sirat Ahmad nyaris membobol gawang Persib yang dikawal Sintawechai "Kosin" Hathairattanakol.

Memasuki babak kedua, Persib maupun Pelita tak melakukan perubahan pemain. Pelita bangkit di awal babak kedua melalui serangan yang dibangun dari sektor sayap. klimaksnya gol Fonseca yang memanfaatkan bola blunder `stop ball` bek Persib, Christian Rene.
Namun perubahan serangan di pertengahan babak kedua dengan menaikan posisi Sunchao akhirnya mengakhiri kebuntuan sekaligus memastikan kemenangan 2-1 melalui gol Sunchao Nuthnum menit 65 dan Hilton Moriera menit ke-77.

Wasit mengeluarkan kartu kuning untuk Atep (Persib), Yuthajak Konjan, Extaban Vischara (Pelita).

Susunan pemain Persib: Shintawechai "Kosin" Hathairattanakol (kiper), Maman Abdurachman, Nova Aryanto, Christian Rene Martines, Cucu Hidayat, Atep, Eka Ramdani (k), Sunchau Nuthnum, Hilton Moriera, Airlangga, Christian Gonzales.Pelatih: Jaya Hartono.

Pelita Jaya: Dian Agus Prasetyo (kiper), Eduardo, Agustiar Batubara, Ahmad Jufrianto, Supardi (K), Ardan Aras, Yuthajak Konjan, Firman Utina, Extaban Vischara/ Kery Yudiono, Fonseca, Sirat Ahmad. Pelatih: Pandi Achmad.(*)

Pewarta: ferly
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009