Kediri (ANTARA News) - Kesebelasan Persatuan Sepak Bola Indonesia Kediri (Persik) berhasil mempermalukan Persiwa, dalam ajang pertandingan Liga Super Indonesia 2009/2010 di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, Minggu sore dengan skor 3-0.

Tiga gol kemenangan Persik tersebut dipersembahkan oleh Saktiawan Sinaga di menit ke-12,`55 dan `65. Kemengan tersebut sekaligus menjadi kemenangan pertama Persik setelah tiga laga sebelumnya hanya mencatat skor yang imbang.

Pada babak pertama, permainan Persik cukup gesit, dengan melakukan aksi tekanan pada, lini belakang lawan, dan di menit ke-12, Saktiawan Sinaga berhasil menjebol gawang Persiwa yang dijaga Gery Mandagi setelah mendapatkan umpan dari Khusnul Yuli.

Tertinggal satu gol, anak asuh Zaenal Abidin berusaha untuk menyamakan kedudukan. Sayangnya, upaya itu kandas, dan hingga babak pertama berakhir untuk turun minum, skor di antara keduanya masih sama 1-0.

Di babak kedua, Saktiawan kembali berhasil menjebol pertahanan Persiwa di menit ke-55, setelah menyelesaikan umpan manis dari Patricio Morales. Tambahan gol kembali ditorehkan oleh Sakti di menit ke-65, dia kembali memanfaatkan kelemahan lini belakang Persiwa tersebut setelah mendapatkan umpan dari Pato Morales.

Di pertandingan tersebut, Persiwa sebetulnya mempunyai kesempatan untuk menyamakan kedudukan. Sayangnya, gol Erick Weeks di menit ke-49 dianulir oleh wasit. Keputusan itu pun membuat mental pemain Persiwa agak menurun.

Sebanyak empat kartu kuning dikeluarkan dari kantong Wasit Najamudin Aspiran, dua untuk pemain Persik dan sisanya untuk pemain Persiwa. Dua pemain Persik yang mendapat kartu kuning tersebut adalah Pato Morales di menit ke-80 dan Gunawan di menit ke-87.

Sementara, dua kartu untuk pemain Persiwa yaitu, Yesaya Desnan di menit ke-9 dan Joko Kuspito di menit ke-86.

Pelatih Persiwa Wamena, Zainal Abidin mengaku, bagian lini belakang para pemainnya masih lemah, sehingga gawangnya berhasil dijebol oleh pemain Persik hingga tiga gol. Namun, ia meyakinkan, jika permainan yang ditampilkan anak asuh dari Gusnul Yakin tersebut belum yang terbaik.

"Kami menilai, pertahanan kami masih lemah, sehingga penampilan Persik belum yang terbaik, sehingga mereka bisa menjebol gawang kami," kata Zainal.

Asiten pelatih Persik, Agus Yuwono mengaku, saat ini kondisi fisik anak-anak Persik cukup bagus, sehingga mereka bisa bermain dengan lebih maksimal. "Kepercayaan diri anak-anak lebih tinggi, karena stamina mereka dalam kondisi yang baik," kata Agus.(*)

Pewarta: ferly
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2009