Banjarbaru (ANTARA News) - Cuaca buruk di prediksi melanda wilayah provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) selama satu minggu ke depan sehingga seluruh warga dihimbau meningkatkan kewaspadaan menghadapi fenomena alam itu.

"Cuaca buruk diprediksi berlangsung selama tiga hari hingga satu minggu ke depan dan terjadi hampir merata di seluruh wilayah Kalsel sehingga warga harus mewaspadainya," ujar Kepala Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Banjarbaru, Sucantika Budi, Senin.

Ia mengatakan, kewaspadaan patut ditingkatkan karena cuaca buruk yang diprediksi berlangsung selama satu minggu itu berupa hujan lebat disertai sambaran petir dan angin kencang yang bisa berdampak buruk bagi suatu kawasan maupun warga yang berada di kawasan tersebut.

"Jika cuaca buruk tengah berlangsung, segera cari tempat berlindung karena ancaman sambaran petir dan angin kencang mengintai," himbaunya.

Selain itu, kata dia, warga juga sebaiknya menghindari daerah terbuka baik di daratan maupun perairan karena wilayah itu paling rawan terkena bencana saat cuaca buruk tengah berlangsung.

Dijelaskan, munculnya cuaca buruk di wilayah provinsi Kalsel dipicu adanya pertemuan angin (Convergen) dari arah Barat menuju Timur yang melanda sejumlah kawasan mulai dari Pulau Sumatera, Kalimantan hingga Sulawesi.

Pertemuan angin itu membawa uap air yang cukup banyak sehingga menimbulkan hujan lebat yang turun hampir merata di seluruh wilayah provinsi Kalsel dan diprediksi berlangsung setiap hari selama seminggu ke depan.

"Hujan lebat itu disertai sambaran petir dan mampu memunculkan tiupan angin kencang sehingga warga patut waspada agar tidak terkena dampak akibat fenomena alam tersebut," pesannya.

Dikatakan, hujan lebat yang mengguyur beberapa wilayah Kalsel apalagi jika berlangsung setiap hari atau terus menerus juga patut diwaspadai karena bisa menimbulkan bencana banjir khususnya di sejumlah daerah yang menjadi langganan banjir saat musim hujan melanda.

Mengenai wilayah yang berpotensi terkena bencana selama bulan November ini, ia memprediksi,seluruh wilayah Kalsel memiliki resiko terkena petir dan angin kencang, sedangkan wilayah bagian Barat dan Utara dihimbau mewaspadai banjir dan tanah longsor.

Sementara itu, selama tiga hari berturut-turut sejak, Jum`at (20/11) pagi hingga Ahad (22/11) malam, hujan deras melanda hampir seluruh wilayah Kalsel terutama di Kota Banjarmasin, Banjarbaru dan Martapura.

Namun sejauh ini belum ada laporan mengenai bencana baik angin kencang, banjir hingga tanah longsor yang melanda tiga wilayah bertetangga itu maupun wilayah kabupaten dan kota lain di provinsi setempat.(*)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009